Prestasi Timnas Indonesia di Era Kepelatihan Shin Tae-yong yang Menggegerkan Asia

Rabu, 21 September 2022 - 16:02 WIB
loading...
Prestasi Timnas Indonesia di Era Kepelatihan Shin Tae-yong yang Menggegerkan Asia
Prestasi Timnas Indonesia di bawah kepelatihan Shin Tae-yong menggegerkan jagat sepak bola Asia / Foto: PSSI
A A A
Prestasi Timnas Indonesia di bawah kepelatihan Shin Tae-yong menggegerkan jagat sepak bola Asia. Pelatih Korea Selatan tersebut sudah melatih Timnas Indonesia sejak 2019 hingga saat ini dan memberikan bukti melalui prestasi membanggakan di level Asia.

Shin Tae-yong resmi menjadi pelatih Timnas Indonesia pada 2019. Pelatih berusia 51 tahun itu diberi beban yang cukup berat.

BACA JUGA: Profil Robi Darwis, Transformasi Posisi yang Bawa Garuda Nusantara Terbang Tinggi

Tidak hanya mengembalikan sebutan Macan Asia saja, Shin Tae-yong juga dipaksa untuk menangani tim nasional dari kelompok usia berbeda. Tetapi dengan beban yang cukup berat tersebut ia berhasil menjawab semua keraguan berbagai kalangan.

Terbaru, Shin Tae-yong sukses mengantarkan Timnas Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023. Keberhasilan itu terjadi usai Garuda Nusantara menekuk Vietnam pada laga pemungkas Grup F.

BACA JUGA: Jelang Persib vs Persija, Viking Sambut Hangat Jakmania Datang ke GBLA

Berikut Pencapaian Shin Tae-yong selama Menangani Timnas Indonesia.

1. Ranking FIFA Meroket
Shin Tae-Yong mampu meningkatkan ranking FIFA Timnas Indonesia hingga 20 tingkat. Yang awalnya berada di posisi 175 di peringkat dunia, kini menjadi naik ke posisi 155 peringkat dunia.

2. Lolos Piala Asia 2023
Timnas Indonesia membuat sejarah dengan lolos pada Piala Asia 2023. Timnas Indonesia membuka Kejutan saat membungkam tuan rumah Kuwait dengan skor 2-1. Kemenangan ini mematahkan rekor 42 tahun tak pernah menang atas Kuwait.

3. Perunggu SEA Games 2021
Setelah menjadi Runner-Up Piala AFF 2020, Timnas Indonesia kembali mencatat prestasi cukup baik untuk SEA Games 2021. Keberhasilan meraih perunggu dan mengalahkan Malaysia ini memberikan bukti bahwa Shin Tae-Yong sukses dalam meleburkan pemain muda dan senior menjadi kekuatan di masa depan.

4. Runner-Up Piala AFF 2020
Pada masa pandemi 2020, Timnas Indonesia kembali membuat bangga, meskipun belum mampu menjadi juara, keberhasilannya menjadi Runner-Up Piala AFF 2020 ini mampu merusak peta kekuatan sepak bola di Asia Tenggara.



(MG/ Andini Deffa Sudjatmiko)
(yov)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1991 seconds (11.97#12.26)