Naturalisasi Disetujui DPR, Jordi Amat dan Sandy Walsh Bisa Tampil di Indonesia vs Curacao?

Rabu, 21 September 2022 - 16:38 WIB
loading...
Naturalisasi Disetujui DPR, Jordi Amat dan Sandy Walsh Bisa Tampil di Indonesia vs Curacao?
Jordi Amat dan Sandy Walsh bisa saja membela Merah Putih melawan Curacao, namun ada syaratnya/Foto/Instagram/PSSI
A A A
JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) telah menyetujui permohonan pemberian kewarganegaraan Jordi Amat dan Sandy Walsh, Selasa (20/9/2022). Dua pemain keturunan Indonesia itu bisa saja membela Merah Putih melawan Curacao pada FIFA Matchday, 24 dan 27 September 2022 asalkan sudah memiliki paspor Indonesia.

Menurut Exco PSSI, Hasani Abdulgani, kedua pemain tersebut memang masih harus melengkapi administrasi. Jordi dan Sandy harus menunggu Surat Keputusan Presiden sebelum mengambil sumpah Warga Negara Indonesia di Kantor Wilayah Kemenkumham.



Namun, dia mengatakan kedua pemain berdarah Indonesia itu bisa saja membela Tim Garuda -julukan Timnas Indonesia- asalkan sudah mendapatkan paspor.

Seperti diketahui, Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) baru saja menyetujui permohonan pemberian hak kewarganegaraan untuk Jordi Amat dan Sandy Walsh. Keputusan itu diambil dalam pembicaraan tingkat II Rapat Paripurna ke-5 Masa Persidangan I tahun Sidang 2022-2023.



Persetujuan itu tak lepas setelah hasil pembahasan tingkat I permohonan naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh di Komisi III dan Komisi X beberapa waktu lalu. Dengan begitu, DPR RI telah menyempurnakan proses naturalisasi kedua pemain tersebut.

Meski begitu, Jordi Amat dan Sandy Walsh masih tetap harus menyelesaikan tahap berikutnya. Dalam hal ini, keduanya harus menunggu Surat Keputusan Presiden sebelum mengambil sumpah Warga Negara Indonesia di Kantor Wilayah Kemenkumham.

Terlepas dari kapan Presiden Jokowi memberikan surat keputusan untuk Jordi Amat dan Sandy Walsh, Hasani Abdulgani menjelaskan tentang peluang kedua pemain berdarah Indonesia itu untuk membela Timnas Indonesia melawan Curacao di FIFA Matchday edisi September 2022.

Dia mengatakan keduanya bisa saja segera membela Tim Garuda jika sudah mendapat paspor. "Belum dapat paspor (baik Jordi Amat maupun Sandy Walsh). Kalau sudah ada paspor baru bisa bela timnas," ungkap Hasani Abdulgani kepada MNC Portal Indonesia melalui pesan singkat, Selasa (20/9/2022).

Sebagai informasi, laga Timnas Indonesia vs Curacao di FIFA Matchday 2022 akan digelar 24 dan 27 September mendatang melawan Curacao. Laga ini akan dilangsungkan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) dan Stadion Pakansari, Bogor.

Dimana, 23 pemain sudah resmi dipanggil Shin Tae-yong untuk melakukan pemusatan latihan. Namun tak ada nama Jordi Amat dan Sandy Walsh. Keduanya diharapkan tampil di Piala AFF 2022 Desember mendatang.

Untuk peluang bermain di Piala AFF 2022 nanti, Hasani juga mengungkapkan hal yang sama untuk Jordi Amat dan Sandy Walsh. Di mana, keduanya bisa saja tampil asalkan sudah mendapatkan paspor. "Kalau sudah ada paspor bisa. Tapi kalau belum dapat paspor tidak bisa," jelasnya.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1962 seconds (0.1#10.140)