Shin Tae-yong Butuh Servis Jordi Amat dan Sandy Walsh

Rabu, 21 September 2022 - 18:31 WIB
loading...
Shin Tae-yong Butuh Servis Jordi Amat dan Sandy Walsh
Pelatih Shin Tae-yong disebut sangat membutuhkan kontribusi Jordi Amat dan Sandy Walsh/Foto/PSSI
A A A
JAKARTA - Duo pemain keturunan, Jordi Amat dan Sandy Walsh, sebentar lagi resmi menjadi warga negara Indonesia. Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong disebut sangat membutuhkan kontribusi keduanya, yang dinilai bisa menambah kekuatan skuad Garuda.

Jordi Amat merupakan bek tengah berdarah Indonesia-Spanyol yang memperkuat klub asal Malaysia Johor Darul Ta’zim (JDT). Sementara Sandy Walsh adalah belasteran Indonesia-Belanda yang bermain sebagai bek klub Belgia, KV Mechelen.

Baca juga: 5 Fakta Timnas Curacao yang Harus Diwaspadai Timnas Indonesia

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) telah menyetujui permohonan naturalisasi untuk Jordy Amat dan Sandy Walsh. Keputusan itu diambil dalam pembicaraan tingkat II Rapat Paripurna ke-5 Masa Persidangan I tahun Sidang 2022-2023, Selasa (20/9/2022).

Persetujuan itu tak lepas setelah hasil pembahasan tingkat I permohonan hak kewarganegaraan Jordi Amat dan Sandy Walsh di Komisi III dan Komisi X beberapa waktu lalu. Dengan begitu, DPR RI kini telah menyempurnakan proses naturalisasi kedua pemain tersebut.

Baca juga: Media Vietnam Ejek PSSI Enggak Mampu Bayar JIS, Lebih Pilih Stadion Pakansari

Namun, Jordi Amat dan Sandy Walsh masih harus menyelesaikan tahap berikutnya. Dalam hal ini, keduanya harus diambil sumpah Warga Negara Indonesia di Kantor Wilayah Kemenkumham.

Terkait proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengaku bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Indonesia. Pasalnya, mereka telah membantu proses naturalisasi kedua pemain berdarah Indonesia itu selama ini.

“Alhamdulillah proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh tinggal beberapa langkah lagi. Terima kasih untuk DPR RI, Komisi III, Komisi X, Kemenkumham, Kemenpora, yang sudah membantu proses hingga saat ini,” ujar Iwan Bule -sapaan akrab Mochamad Iriawan, dilansir dari laman resmi PSSI, Selasa (20/9/2022).

Di samping itu, Iwan Bule mengklaim bahwa Shin Tae-yong sangat membutuhkan kontribusi dari Jordi Amat dan Sandy untuk memperkuat Timnas Indonesia. Hal itu dikatakan Iwan Bule, lantaran keduanya memiliki kemampuan dan kualitas yang luar biasa, terlebih mempunyai pengalaman berlaga di Eropa.

“Jordi dan Sandy merupakan pemain yang sangat dibutuhkan oleh pelatih Shin Tae-yong. Kami yakin mereka akan menambah kekuatan timnas Indonesia,” tandasnya.

Jordi Amat dan Sandy Walsh sudah pernah diajak berlatih Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia pada Mei lalu di Bandung saat persiapan FIFA Match Day melawan Bangladesh. Kemungkinan besar, Jordi Amat dan Sandy Walsh akan memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 yang akan digelar pada Desember.

(sha)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1515 seconds (11.97#12.26)