Perbandingan Prestasi Shin Tae-yong dan Fakhri Husaini

Kamis, 22 September 2022 - 12:03 WIB
loading...
Perbandingan Prestasi Shin Tae-yong dan Fakhri Husaini
Timnas Indonesia kembali menjadi sorotan setelah prestasi membanggakan yang telah diraih dalam beberapa waktu ke belakang / Foto: Kolase
A A A
JAKARTA - Timnas Indonesia kembali menjadi sorotan setelah prestasi membanggakan yang telah diraih dalam beberapa waktu ke belakang. Hasil tersebut tidak lepas dari campur tangan Shin Tae-yong , yang sukses mendidik anak asuhnya.

Selain Shin Tae-yong , Indonesia juga sempat memiliki pelatih berkualitas yang sempat membela Timnas Usia muda, yaitu Fakhri Husaini. Meski sama-sama mampu menjadi juru taktik yang hebat, Shin Tae-yong dan Fakhri Husaini memiliki perbedaan dari sisi prestasi.

Fakhri Husaini dipercaya oleh PSSI untuk menjadi pelatih Timnas U-14 dan U-17 pada 2014. Namun pelatih berusia 57 tahun itu tidak dapat menorehkan prestasi saat itu setelah FIFA memberikan sanksi kepada PSSI yang mengacaukan programnya.

BACA JUGA: Media Vietnam Kecam Shin Tae-yong Biang Keributan

Namun sanksi tersebut akhirnya dicabut oleh FIFA pada 2017 dan Coach Fakhri kembali aktif untuk membina Timnas Indonesia U-16. Bersama Coach Fakhri, skuad Garuda Muda pun mampu menorehkan prestasi yang baik.

Tidak membutuhkan waktu lama, Coach Fakhri pun langsung memberikan gelar bergengsi untuk Timnas U-16 dengan menjadi juara di Piala AFF U-16 2018. Selain itu mereka juga berhasil mendapatkan dua trofi lainnya, yaitu Turnamen Jenesys 2018 dan Tien Phong Plastic Cup 2017.

Mengacu pada serangkaian prestasi yang didapatkan, Coach Fakhri mendapatkan promosi untuk menjadi pelatih Timnas Indonesia U-19 pada 2019. Sayangnya, saat itu dirinya tidak dapat berbuat banyak dan Timnas U-19 gagal menorehkan prestasi gemilang.

BACA JUGA: Prancis Dihantam Badai Cedera, Raphael Varane Keluhkan Jadwal Padat

Di sisi lain, Shin tae-yong pun akhirnya dipercaya oleh PSSI untuk menjadi pelatih Timnas Indonesia sejak tahun 2019. Tidak hanya di level senior, Shin Tae-yong pun juga dipercaya untuk menjadi pelatih di beberapa level usia.

Di bawah asuhan Shin Tae-yong, Indonesia memang belum dapat menjadi juara di turnamen bergengsi. Namun pelatih asal Korea Selatan tersebut telah berhasil menorehkan beberapa prestasi yang cukup baik.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1103 seconds (10.101#12.26)