UEFA Resmi Coret Timnas Rusia dari Kualifikasi Piala Eropa 2024

Kamis, 22 September 2022 - 22:32 WIB
loading...
UEFA Resmi Coret Timnas Rusia dari Kualifikasi Piala Eropa 2024
UEFA Resmi Coret Timnas Rusia dari Kualifikasi Piala Eropa 2024. Foto: IST
A A A
MOSCOW - Timnas Rusia dipastikan tidak berpartisipasi dalam Piala Eropa 2024 . Badan Sepak bola Eropa (UEFA) secara resmi mencoret Rusia dari babak kualifikasi menyusul invasi militer Rusia ke Ukraina.

Rusia mendapat sanksi dari Eropa menyusul invasi militer ke Ukraina. Dampaknya, sejumlah negara Eropa memutus hubungan dengan Rusia, termasuk dalam urusan olahraga.

Baca Juga: Piala Eropa 2024 Akan Samai Piala Dunia?

Sanksi awalnya dijatuhkan FIFA dan UEFA. Kemudian, pihak Federasi Sepak Bola Rusia (RFU) mengajukan banding, akan tetapi ditolak oleh pengadilan arbitrase olahraga (CAS).

Dikarenakan sanksi penangguhan yang masih berlaku, Rusia pun kembali mendapat pukulan telak akibat ulahnya dalam invasi militer di Ukraina. RFU mengonfirmasi bahwa tim berjuluk Beruang Merah tersebut tidak ikut serta dalam Kualifikasi Piala Eropa 2024.

“Timnas Rusia tidak akan mengikuti undian babak Kualifikasi Piala Eropa 2024, alasannya adalah keputusan UEFA pada Februari untuk menangguhkan partisipasi tim dan klub Rusia di bawah naungan organisasi,” tulis pernyataan RFU dilansir Twitter resmi federasi, Rabu (21/9/2022).

“Hal ini berlaku secara default sampai pemberitahuan lebih lanjut,” tutup pernyataan resmi tersebut.

Sekadar informasi, Timnas Rusia merupakan tim langganan tampil di putaran final Piala Eropa. Timnas Rusia dalam beberapa edisi bahkan sempat merepotkan tim-tim raksasa Eropa.

Pada edisi 2008 di Austria dan Swiss, Timnas Rusia berhasil berbicara hingga partai semifinal. Timnas Rusia yang kala itu dihuni Roman Pavlyuchenko dan Andrej Arshavin bahkan membuat kejutan kala menyingkirkan Belanda di perempat final via adu penalti.
(sto)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1358 seconds (11.210#12.26)