Awas! Topan Nanmadol Ancam Balapan MotoGP Jepang 2022

Jum'at, 23 September 2022 - 08:03 WIB
loading...
Awas! Topan Nanmadol Ancam Balapan MotoGP Jepang 2022
Pagelaran MotoGP Jepang 2022 terancam setelah topan Nanmadol mendekati salah satu daerah di Jepang / Foto: INDIA in F1
A A A
MOTEGI - Pagelaran MotoGP Jepang 2022 kembali dihantam kabar yang kurang sedap. Menurut laporan PaddockGP, Jumat (23/9/2022), sejak kemarin malam (waktu setempat) angin yang menyerupai topan mulai memasuki salah satu daerah di Jepang.

Namun begitu, pihak penyelenggara tetap optimistis rangkaian sesi latihan bebas, kualifikasi, hingga balapan MotoGP Jepang 2022 pada 23-25 September 2022 akan sesuai jadwal. Sekadar informasi, balapan yang berlangsung di Sirkuit Twin Ring Motegi ini beberapa kali terancam batal.

Ini disebabkan lantaran penyelenggara dihantui dengan badai topan dengan kecepatan angin berkelanjutan hingga 240 km/jam yang dinamakan Nanmadol. Pekan lalu, topan ini menghantam pulau paling Selatan dari empat pulau di Jepang, Kyushu.

BACA JUGA: Minim Pengalaman di Sirkuit Motegi, Enea Bastianini Belajar dari Marc Marquez

Ironisnya, pada kasus itu menyebabkan empat orang tewas, ratusan orang luka-luka, dan seluruh penduduk dievakuasi. Topan yang diklasifikasikan Pusat Peringatan Topan Gabungan AS (JTWC) sebagai topan super ini juga mengancam penyelenggaraan MotoGP Jepang yang digelar di Sirkuit Motegi.

Rencananya, semua penerbangan kru, tim, hingga pesawat kargo seluruh jajaran MotoGP pada Senin akan ditunda. Hari ini, terdapat “adik” dari topan Nanmadol yang perlahan mendekat di Jepang Selatan. Topan ini jauh lebih kecil dan belum diberi nama.

Pemerintah pun merencanakan mengevakuasi sebagian kecil penduduk setempat. Sebab intensitas ini lebih sedikit dan hanya mengitari area pantai timur laut Jepang.

BACA JUGA: Gara-gara Mandalika, Fabio Quartararo Tak Takut Hujan di MotoGP Jepang 2022

Sementara saat ini hujan terus mengguyur Sirkuit Motegi. Para ahli meteorologi memprediksi hujan beberapa kali terjadi hingga Sabtu besok.

Namun ada kemungkinan tak hujan di Minggu. Dengan ini membuka harapan para pembalap untuk balapan di lintasan kering.

(yov)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1654 seconds (11.252#12.26)