Fachruddin Aryanto Pemain Tertua di Timnas Indonesia: Saya Selalu Welcome Pemain Junior

Jum'at, 23 September 2022 - 22:19 WIB
loading...
Fachruddin Aryanto Pemain Tertua di Timnas Indonesia: Saya Selalu Welcome Pemain Junior
Fachruddin Aryanto Pemain Tertua di Timnas Indonesia: Saya Selalu Welcome Pemain Junior. Foto: IST
A A A
BANDUNG - Fachruddin Aryanto menjadi pemain tertua yang dipanggil Timnas Indonesia jelang bentrok Timnas Curacao. Meski paling senior, pemain berusia 33 tahun tetap nyambung dengan para penggawa muda Skuad Garuda.

Fachruddin Aryanto yang lahir di Klaten, 19 Februari 1989, adalah pemain tertua yang dipanggil Shin Tae-yong untuk memperkuat Timnas Indonesia jelang FIFA Matchday akhir pekan ini. Pemain lain usianya variatif antara 19-25 tahun.

Baca Juga: Asnawi Mangkualam Absen Saat Timnas Indonesia Bentrok Curacao

Sebagai contoh bek jangkung Elkan Baggott baru berusia 19 tahun -sebaya Muhammad Ferrari yang memperkuat Timnas Indonesia U-20. Bahkan, ada juga pemain yang lebih muda yakni Marselino Ferdinan yang masih berusia 18 tahun juga dipanggil ke tim senior.

Meski jarak usianya cukup jauh, Fachruddin Aryanto mengaku tidak ada masalah komunikasi dengan para pemain muda. Menurutnya, di Timnas Indonesia tidak ada senioritas - justru para pemain yang lebih tua mengayomi para pemain muda.

"Mungkin bukan hanya saya, sebagian besar pemain senior lain selalu welcome (terbuka) kepada pemain junior,” kata Fachruddin Aryanto saat ditemui di Bandung, Jumat (23/9/2022).

Seperti saat bersama Ferrari dan Marselino Ferdinan kata Fachruddin Aryanto, dirinya acap kali bercanda dan mengobrol usai latihan. Hal ini sebagaimana dilakukannnya saat bersama para pemain yang seusianya.

“Saya sering mengobrol atau bercanda dengan Ferrari atau Marselino Ferdinan setelah latihan. Apalagi dengan Ferrari, karena sama-sama pemain belakang jadi sering mengobrol masalah posisi dan lain-lain,” ucap dia.

Keakraban tersebut sengaja dibangun demi tidak ada jarak antara pemain junior dengan senior. Semua pemain satu tim harus kompak, tak peduli ia junior atau senior.

Untuk diketahui, sebanyak 23 pemain yang dipanggil Shin Tae yong untuk bertanding melawan Curacao nama Fachruddin Aryanto menjadi satu-satunya pemain yang berusia di atas 30 tahun.

Mayoritas pemain yang dipanggil Shin Tae yong berada di bawah usia 30 tahun. Bahkan 7 di antaranya masih di bawah 20 tahun, selebihnya di bawah 25 tahun.
(sto)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1674 seconds (11.97#12.26)