Jersey Hitam Timnas Indonesia Jadi Saksi Kalahkan Curacao, Kenapa Jarang Dipakai?

Senin, 26 September 2022 - 06:01 WIB
loading...
Jersey Hitam Timnas Indonesia Jadi Saksi Kalahkan Curacao, Kenapa Jarang Dipakai?
Jersey Hitam Timnas Indonesia Jadi Saksi Kalahkan Curacao, Kenapa Jarang Dipakai? Foto: IST
A A A
JAKARTA - Jersey ketiga Timnas Indonesia yang berwarna hitam hampir tidak pernah dipakai. Namun, sekalinya digunakan, Skuad Garuda berhasil menang atas tim yang peringkatnya di atas yakni Timnas Curacao.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia menang tipis 3-2 atas Curacao pada laga pertama FIFA Matchday di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu (24/9/2022). Tim besutan Shin Tae-yong itu menang lewat gol Marc Klok (17’), Fachruddin Aryanto (22’), dan Dimas Drajad (56’). Sementara itu, Curacao menyarangkan dua gol lewat Rangelo (7’) dan Juninho (24’).

Baca Juga: Jersey Ketiga Timnas Indonesia Resmi Diluncurkan

Kemenangan itu mendapat perhatian besar karena Timnas Indonesia yang duduk di peringkat 155 FIFA berhasil menumbangkan Curacao yang menempati posisi 84 di ranking FIFA. Tak cuma itu, perhatian juga jatuh pada jersey hitam yang dikenakan para penggawa Garuda.

Pada pertandingan itu, Timnas Indonesia tampil beda dari biasa. Elkan Baggott dkk mengenakan jersey ketiga yang berwarna serba hitam. Padahal, biasanya Timnas Indonesia menggunakan jersey utama berwarna merah atau jersey away berwana putih-hijau.

Jersey ketiga besutan apparel Mills itu memang hampir tidak pernah digunakan oleh Timnas Indonesia. Tercatat hanya beberapa pertandingan Garuda yang melibatkan jersey tersebut, salah satunya adalah laga ujicoba Timnas Indonesia U23 melawan Bali United pada medio Maret 2021.

Bahkan, pada gelaran Piala AFF 2020, Timnas Indonesia sama sekali tidak menggunakan jersey hitam. Saat itu Senior Designer Mills, Fajar Ramadhan, melalui cuitannya di Twitter mengatakan bahwa Timnas Indonesia cuma membawa jersey merah dan putih-hijau ke turnamen tersebut.

"Aku pun ngga khatam regulasi karena kalau dua warna cukup, (sementara timnas, red) Thailand bawa lebih. Kami apparel lebih ke menyediakan apa yang di-request federasi (PSSI, red)" tulis Fajar Ramadhan pada saat itu.

Sekadar informasi, Jersey tandang hitam berbalut tinta emas itu diperkanalkan di Garuda Store, Kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (17/11/2020). Kemudian, PSS kembali merilis jersey hitam Timnas Indonesia dengan kerah berwarna merah putih lewat sebuah video, Jumat (19/8/2022)
Jersey Hitam Timnas Indonesia Jadi Saksi Kalahkan Curacao, Kenapa Jarang Dipakai?

Saat peluncuran jersey hitam di bulan November 2022 hadir Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi, dan CEO PT Mitra Kreasi Garmen (Mills Sport), Ahau. Acara dibuka dengan sambutan dari Ahau selaku CEO PT Mitra Kreasi Garmen (Mills Sport).

Saat itu Ahau menyampaikan bahwa jersey akan didominasi warna hitam dengan garis emas. Hitam dipilih karena tengah tren di dunia olahraga saat ini. Sementara itu warna emas mewakili harapan Indonesia agar lahirnya generasi emas sepak bola Tanah Air.
(sto)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1942 seconds (10.101#12.26)