Ladeni Kanada, Opals Intip Peluang ke Perempat Final

Minggu, 25 September 2022 - 23:08 WIB
loading...
Ladeni Kanada, Opals Intip Peluang ke Perempat Final
Tak ada cara lain, Tim Nasional Basket Wanita Australia harus mampu menjinakkan Kanada agar peluang lolos ke perempat final Piala Dunia Basket Wanita FIBA tetap terbuka
A A A
SYDNEY - Tak ada cara lain, Tim Nasional Basket Wanita Australia harus mampu menjinakkan Kanada agar peluang lolos ke perempat final Piala Dunia Basket Wanita FIBA tetap terbuka. Dari tiga laga, The Opals –julukan Australia- mengantongi lima poin, hasil menekuk Mali 118-58, Serbia 69-54, dan dipecundangi Prancis di laga perdana mereka, 57-70.

Australia meladeni Kanada di Sydney Super Dome, Senin (26/09/2022). Namun, di momen krusial seperti ini, Pelatih Australia Sandy Brondello kemungkinan besar tidak bisa menurunkan Rebecca ‘Bec’ Allen saat bersua Kanada. Padahal saat meladeni Serbia, Minggu (25/06/2022), Allen mampu menyumbang 16 poin sekaligus menyabet gelar pemain terbaik.

Allen harus dibawa keluar lapangan menggunakan kursi roda, setelah mengalami cedera di penghujung kuater keempat saat melawan Serbia. Analisa awal Allen mengalami patah tulang rusuk akibat berbenturan dengan pemain lawan. Sebelumnya, pemain New York Liberty di WNBA tersebut, juga mengeluhkan rasa sakit pada ankle-nya. "Masih dianalisa dokter, mungkin dia tidak akan bermain di dua-tiga pertandingan, kita tunggu (kabarnya),” ujar Brondello selepas pertandingan.

BACA JUGA: Lolos ke Perempat Final, AS Waspada China Bangkit

Tak hanya Allen, Sami Whitcomb juga harus mendapat perawatan bertabrakan dengan penggawa Serbia, dan hidungnya mengalami pendarahan. “Kemungkinan patah hidung," ujar Brondello.

Tapi, Brondello tidak begitu khawatir terhadap kondisi Whitcomb lantaran sang pemain masih bisa melanjutkan laga setelah mengalami cedera. Pertandingan kontra Serbia berjalan sengit. Opals masih menyimpan dendam, karena disingkirkan Serbia pada perempat final Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro. Tak heran bila Australia sangat bangga bisa mengalahkan Serbia.

"Saya puas dengan penampilan pemain dalam mengeksekusi bola. Kami melakukan apa yang harus kami lakukan hari ini, dan kami kini harus berkonsentrasi untuk mengalahkan Kanada. Itu menjadi satu pertarungan yang harus mampu kami menangkan," ungkap Brondello.

BACA JUGA: Pukul Belgia, Tim AS Siap Terkam Puerto Riko

Sementara sang lawan, Kanada sudah mengantongi satu tiket ke perempat final berkat tiga hasil sempurna atas Serbia 67-60, Prancis 59-45, dan Mali 74-59. Selain untuk membuka peluang lolos ke perempat final, Australia juga butuh kemenangan di dua laga terakhir fase grup untuk menghidari bertemu Amerika Serikat (AS) di perempat final. Sebagai catatan, empat tim teratas di seriap grup berhak lolos ke fase knock-out. Tim yang menempati urutan pertama dan kedua di masing masing grup, akan berhadapan dengan tim peringkat tiga dan empat di grup lainnya.

AS yang juga sudah lolos ke perempat final, hampir bisa dipastikan akan menyelesaikan babak grup sebagai yang terbaik di Grup A. Breanne Stewart dkk menghuni Grup A bersama China, Korea Selatan, Puerto Riko, Bosnia – Herzegovina, dan Belgia. Sedangkan Australia berada di Grup B, bersama Prancis, Kanada, Serbia, Mali dan Jepang.

(yov)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1893 seconds (11.97#12.26)