3 Penyerang Tertajam Timnas Indonesia Sepanjang Sejarah: Nomor 3 Ditakuti di Asia

Selasa, 27 September 2022 - 12:04 WIB
loading...
3 Penyerang Tertajam Timnas Indonesia Sepanjang Sejarah: Nomor 3 Ditakuti di Asia
Timnas Indonesia dalam sejarahnya telah melahirkan sejumlah striker terbaik. Diantaranya adalah Bambang Pamungkas. Foto: wallpapercave.com
A A A
JAKARTA - Tim Nasional (Timnas) Indonesia dalam sejarahnya telah melahirkan sejumlah striker terbaik. Diantaranya ada yang telah mengukuhkan diri sebagai pencetak gol tersubur.



Lini depan yang tajam memang diperlukan agar suatu tim bisa kompetitif dan meraih kemenangan. Sampai saat ini tim Merah Putih tidak pernah berhenti mencari cari mesin-mesin gol baru.

Bila menilik ke belakang, skuad Garuda sempat memiliki nama nama beken sebagai penggedor pertahanan dan menjebol gawang lawan.

Puluhan gol telah diciptakannya untuk negara. Bahkan, hingga saat ini rekor yang mereka ciptakan sangat sulit untuk disamai.

Kini dengan diansuh Shin Tae-yong, diharapkan muncul lagi pencetak gol andal di skuad Indonesia. Penyerang yang akan diwaspadai semua lawan.



Berikut 3 Striker Tertajam Timnas Indonesia Sepanjang Sejarah :

1. Kurniawan Dwi Yulianto

Striker berbakat yang pernah dimiliki Indonesia yang pertama ini merupakan pria kelahiran Magelang, 13 Juli 1976. Dia terkenal dengan julukan Si Kurus

Selama memperkuat Indonesia, Kurniawan telah menyumbang 31 gol dari 60 penampilannya. Namanya meroket ketika sempat bermain di FC Luzern pada 1994-1995.

Kepiawaiannya dalam mencetak gol juga ditunjukkan di level klub. Saat memperkuat Sarawak FA, dia tercatat telah mencetak 29 gol dalam 32 penampilan di klub Malaysia itu.

2. Bambang Pamungkas

Pemain yang akrab dengan panggilan Bepe ini tercatat telah mencetak 36 gol dari 77 penampilannya membela Indonesia di kancah internasional.

Striker yang kerap menciptakan gol lewat sundulan ini sempat memperkuat klub Malaysia Selangor FA pada 2005 hingga 2007, dan sempat jadi top skor Malaysia Premier League 2005.

Pria kelahiran Semarang, 10 Juni 1980 yang kerap mengenakan seragam bernomor punggung 20 ini, juga pernah menjadi top skor liga Indonesia musim 2000 bersama Persija Jakarta.

3. Soetjipto Soentoro

Pencetak gol terbanyak untuk Indonesia dipegang Soetjipto Soentoro dengan torehan 57 gol dalam 68 penampilan. Ini membuatnya dianggap senbagai legenda bagi warga Tanah Air

Ini sebenarnya menuai kontroversi karena tidak semua pertandingannya terdokumentasikan secara resmi. Namun, itu tak dapat membantah kalau dia striker yang haus gol.

Penyerang yang aktif di tahun 1960-an sampai 1980-an ini telah dikenal sebagai striker mematikan sedari muda. Pada usianya yang baru 16 tahun saja dia telah menjadi topskor dengan raihan 14 gol pada ajang Piala Yunior Asia 1959.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2919 seconds (0.1#10.140)