Indonesia Tuan Rumah F1H2O 2023, Luhut Binsar Pandjaitan: Setelah Mandalika Kini Danau Toba

Selasa, 27 September 2022 - 21:13 WIB
loading...
Indonesia Tuan Rumah F1H2O 2023, Luhut Binsar Pandjaitan: Setelah Mandalika Kini Danau Toba
Luhut Binsar Panjaitan (kanan) optimistis ajang F1H2O akan menyedot turis lokal dan mancanegara/Foto/MPI/Andika Rachmansyah
A A A
JAKARTA - Indonesia siap menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia F1H2O pada tahun 2023. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan optimistis event tersebut akan banyak menyedot turis lokal dan mancanegara.

Luhut menyebut ajang tersebut merupakan langkah yang sangat bagus. Event bertajuk Indonesia F1H2O Lake Toba 2022/2023 itu digelar di Danau Toba, Sumatera Utara, 24-26 Februari 2023.

Baca juga: Danau Toba Siap Gelar Kejuaraan Dunia F1H2O pada 2023

Ini merupakan kali pertama Indonesia berkesempatan menggelar ajang internasional tersebut. Tentu saja menjadi kabar baik bagi para pecinta olaharaga air di Tanah Air.

Luhut menyambut sangat baik kabar tersebut. Menurutnya ini adalah langkah yang sangat bagus bagi Indonesia, karena mendapat kepercayaan kembali untuk menggelar event olahraga level internasional setelah MotoGP dan ajang-ajang lainnya.


Baca juga: Cerita Pilu Tayfun Ozcan Sebelum Jadi Petarung Juara Dunia

"Penyelenggaraan F1H2O di Danau Toba pada bulan Februari tahun depan saya kira merupakan satu langkah yang sangat bagus. Persiapan sudah dilakukan sejak berapa bulan lalu," papar Luhut dalam konferensi pers di Gedung Sarinah, Selasa (27/9/2022).

"Saya kira setelah punya Mandalika dan sekarang punya F1H2O di Danau Toba, ini akan menarik lebih banyak turis di Indonesia," lanjutnya.

Luhut mengungkapkan kalau ajang tersebut akan ada untuk lima tahun ke depan. Pria berusia 74 tahun itu menilai kalau gelaran F1H2O dapat menarik banyak turis ke Indonesia. Selain itu, diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi khususnya di daerah Danau Toba.

"Event ini akan kita coba untuk lima tahun kontraknya sehingga akan membuat kehidupan di Danau Toba itu seperti di Mandalika yang menjadi makin menarik," ungkapnya.

"Diharapkan mampu mempercepat pertumbuhan kehidupan ekonomi terutama pada UMKM di daerah Toba, Mandalika dan tempat lainnya," pungkasnya.

Sebagai informasi, F1H2O adalah Kejuaraan Dunia Balap Perahu Motor. Ajang ini diselenggarakan oleh Union International Motonautique (UIM) dan dipromosikan oleh H2O Racing, sehingga disebut sebagaiF1H2O. Kejuaraan tersebut merupakan balap motor perahu pesisir kelas tertinggi di dunia, setara dengan balap mobil F1.

(sha)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1887 seconds (11.210#12.26)