Perbandingan Ranking Timnas Indonesia Era Shin Tae-yong dan Luis Milla

Rabu, 28 September 2022 - 14:08 WIB
loading...
Perbandingan Ranking Timnas Indonesia Era Shin Tae-yong dan Luis Milla
Timnas Indonesia memiliki perbandingan ranking yang cukup mencolok saat dilatih dua juru taktik berbeda, yakni Shin Tae-yong dan Luis Milla. Selain soal ranking, prestasi kedua pelatih itu juga mempunyai perbedaan / Foto: Kolase
A A A
Timnas Indonesia memiliki perbandingan ranking yang cukup mencolok saat dilatih dua juru taktik berbeda, yakni Shin Tae-yong dan Luis Milla. Selain soal ranking, prestasi kedua pelatih itu juga mempunyai perbedaan.

Sejak ditunjuk pada 2019, Shin Tae-yong masih menjadi pelatih Timnas Indonesia hingga saat ini. Pelatih asal Korea Selatan tersebut berhasil membuat Skuad Garuda berkembang cukup pesat di berbagai kompetisi.

Shin mampu membawa Timnas Indonesia menembus final Piala AFF 2020. Meski kalah di final dari Thailand, catatan ini tentu cukup memuaskan bagi Timnas Indonesia yang sedang berkembang.

BACA JUGA: Kisah Shin Tae-yong Dilobi Ratu Tisha untuk Melatih Timnas Indonesia

Selain itu, Shin juga mampu membawa Timnas Indonesia mendapatkan medali perunggu SEA Games 2021. Saat itu, Timnas Indonesia mampu mengalahkan Malaysia dalam drama adu penalti dengan skor akhir 5-4.

Sama halnya dengan Shin, pencapaian ini juga sukses dituai Timnas Indonesia di bawah kepelatihan Luis Milla . Kala itu, Luis Milla mampu membawa Skuad Garuda mengalahkan Myanmar 3-1 dan mendapatkan posisi ketiga di SEA Games 2017.

Namun, di kancah Asia, pencapaian Milla tak secemerlang Shin. Dikala Shin mampu membawa Timnas Indonesia menembus Piala Asia 2023, Milla saat itu gagal membawa Skuad Garuda tembus turnamen tersebut.

BACA JUGA: Ngeri Lihat Keganasan Timnas Indonesia, Media Asing Peringatkan Vietnam Waspada

Soal ranking, Shin sejatinya masih belum bisa mengungguli pencapaian Luis Milla. Sebab, saat masih menukangi Timnas Indonesia, Luis Milla mampu membawa ranking Timnas Indonesia meroket 37 peringkat pada 2016-2017.

Milla mampu mengangkat ranking Timnas Indonesia yang awalnya berada di peringkat 191 dunia, menjadi urutan 154 dunia. Akan tetapi, sejauh ini Shin juga mampu membawa ranking Timnas Indonesia meroket.

Pelatih berusia 51 tahun itu berhasil membawa Timnas Indonesia naik 23 tingkat dari ranking 175 menuju urutan 152 dunia. Tentu saja, Timnas Indonesia diharapkan terus berkembang di bawah asuhan Shin Tae-yong.

(yov)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1100 seconds (11.210#12.26)