Inilah Akibat Shin Tae-yong Potong Generasi Pemain Timnas Indonesia

Jum'at, 30 September 2022 - 09:39 WIB
loading...
Inilah Akibat Shin Tae-yong Potong Generasi Pemain Timnas Indonesia
Inilah Akibat Shin Tae-yong Potong Generasi Pemain Timnas Indonesia/PSSI
A A A
Inilah akibat Shin Tae-yong berani potong satu generasi pemain Timnas Indonesia menunjukkan hasil yang mencengangkan. Shin Tae-yong berani mengambil keputusan tidak memanggil pemain generasi era Evan Dimas dengan memanggil pemain generasi baru Timnas Indonesia .

Tokcer! Keputusan Shin Tae-yong dengan memotong satu generasi pemain Timnas Indonesia ampuh menumbuhkan generasi yang lebih hebat. Dengan materi pemain lebih muda plus menyusupkan pemain senior, Timnas Indonesia menjelma menjadi kekuatan baru yang mengerikan.

Baca Juga: 4 Pemain Korban Potong Generasi Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Nomor Satu Masih punya Harapan

Timnas Indonesia saat ini rata-rata berusia 23 tahun ditambah pemain berpengalaman Marc Klok dan Fachruddin Aryanto sebagai penyeimbang. Generasi baru pemain Timnas Indonesia seperti Witan Sulaeman, Asnawi Mangkualam, Elkan Baggott hingga Marselino Ferdinan membuat karakter permainan Timnas Indonesia lebih rancak.

Perjudian Shin Tae-yong memotong generasi Timnas Indonesia mau tidak mau memakan korban era Evan Dimas. Setidaknya, ada empat pemain yang menjadi korban potong generasi ala Shin Tae-yong yakni Evan Dimas, Hansamu Yama, Zulfiandi, dan Ilham Udin yang di eranya sempat digadang-gadang menjadi generasi emas sepak bola Indonesia.

Padahal, keempat pemain tersebut menjadi pilar Timnas Indonesia saat menjadi juara Piala AFF U-19 di Sidoarjo, jawa Timur pada 2013. Keempatnya sempat menjadi langganan di era pelatih sebelum Shin Tae-yong. Namun, arah angin berubah saat Shin Tae-yong masuk menggantikan Simon McMeney pada 2020.

Eksperimen Shin Tae-yong sangat manjur yang berimplikasi dengan prestasi timnas Indonesia perlahan semakin membaik. Terbaru, Timnas Indonesia era Shin Tae-yong mengguncang jagat bola saat mempermalukan Timnas Curacao yang secara ranking FIFA di posisi 84 dunia.

Timnas Indonesia dua kali mempermalukan wakil CONCACAF tersebut dengan kemenangan 3-2 dan 2-1 dalam FIFA Matchday pada 24 dan 27 September lalu. Timnas Indonesia membungkam Curacao dengan skor 3-2 di leg pertama di Stadion Gelora Bandung Lautan Api. Tiga hari kemudian, Skuad Garuda kembali mencakar Curacao dengan kemenangan 2-1 di Stadion Pakansari, Bogor.

Baca Juga: Isu Perpanjangan Kontrak Shin Tae-yong, Koordinator Save Our Soccer: PSSI Berani Bayar Mahal?

Dua kemenangan itu menambah poin ranking dunia Timnas Indonesia yang diperkirakan akan naik ke posisi 152 dunia. Tinggal selangkah lagi Timnas Indonesia masuk ke 150 dunia seperti yang ditargetkan semula.

Shin Tae-yong mengaku puas dengan pemain pilihannya sekarang yang dianggap mengerti apa yang diinginkannya di lapangan. Permainan Timnas Indonesia yang lebih rancak membuat penggemar sepak bola Tanah Air girang.
Mereka berharap permainan Timnas Indonesia era Shi9n Tae-yong semakin membaik untuk meraih prestasi dunia.
(aww)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1925 seconds (11.210#12.26)