4 Libero Terbaik Timnas Indonesia, Posisi Krusial yang Sempat Terlupakan

Sabtu, 01 Oktober 2022 - 23:59 WIB
loading...
4 Libero Terbaik Timnas Indonesia, Posisi Krusial yang Sempat Terlupakan
Timnas Indonesia sedikitnya punya 4 libero handal yang kerap membuat penyerang lawan kesulitan. Salah satunya Rachmat Irianto (kanan). Foto: ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
A A A
JAKARTA - Dalam skuad Tim Nasional (Timnas) Indonesia sedikitnya ada 4 libero handal yang kerap membuat penyerang lawan kesulitan dalam memasuki wilayah pertahanan.



Libero dalam sepak bola merupakan salah satu posisi yang kurang populer. Bahkan, banyak yang belum mengetahui dimana sebenarnya keberadaan posisi ini.

Peran libero dalam sepak bola memang merupakan salah satu posisi yang kerap mengalami evolusi di setiap era. Bahkan di sepak bola modern, posisi ini kerap di tinggalkan.

Namun, karena peran apik Rachmat Irianto baru baru ini melawan Curacao, posisi libero ini kembali populer di Timnas Indonesia.

Sebelumnya skuad Garuda juga sempat menempatkan posisi libero dalam formasinya bahkan terdapat beberapa nama legendaris yang mengisi posisi tersebut.



Berikut 4 Libero Terbaik Timnas Indonesia :

1. Bejo Sugiantoro

Legenda sepak bola Indonesia ini dikenal sebagai libero terbaik yang pernah beredar di kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia era 1990-an sampai awal 2000-an.

Perjalanan karirnya dimulai di tahun 1994 ketika bergabung dengan Indonesia Muda yang termasuk klub internal Persebaya.

Bejo bahkan sempat berlatih bersama tim Primavera di Italia. Namun karena namanya tak masuk ke dalam skuad Primavera dan justru masuk ke PSSI Baretti, dia lebih memilih untuk pulang ke Indonesia.

2. Rachmat Irianto

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, nama ini memang sempat mencuri perhatian dimana permainannya ketika melawan Curacao mendapat pujian dari sang pelatih Shin Tae-young.

Bahkan dia disebut sebut sebagai kunci kemenangan Indonesia. Rachmat Irianto dikenal sebagai pemain serba bisa karena dapat memainkan beberapa posisi dengan baik.

Tugas sebagai gelandang bertahan, bek sayap hingga bek tengah dapat dipercayakan padanya. Menjadi anak dari sang legenda libero, Sugiantoro juga membuatnya memiliki kemampuan serupa.

Tak heran bila dia tampil bagus saat menjaga pertahanan tim Merah Putih. Terutama pada saat Indonesia melawan Curacao di leg pertama dimana dia berposisi sebagai libero.

3. Robby Darwis (U20)

Robi Darwis Timnas Indonesia U20 sempat dimainkan sebagai libero pada laga kualifikasi Piala Asia U-20 2023 melawan Timor Leste oleh Shin Tae-yong.

Kala itu Indonesia menerapkan formasi 3-4-3. Ini bukanlah posisi yang kerap dimainkan olehnya. Karena biasanya dia lebih sering bermain sebagai gelandang bertahan.

Bermainnya Robby sebagai libero ini sempat mengingatkan para penonton pada sang legenda Robby Darwis yang kerap mengisi posisi itu di masa lalu. Pada laga itu itu juga mencatatkan clean sheet pertamanya sebagai libero.

4. Robby Darwis

Legenda Persib Bandung yang populer di era 1990-an ini merupakan libero terbaik yang pernah dimiliki Indonesia.

Selain pernah bermain dan membawa Persib Bandung juara pada 1994-1995, Robby Darwis juga sempat bermain untuk Kelantan FC di Liga Malaysia.

Sementara di Timnas Indonesia, dia sempat bermain sebanyak 53 kali dan mencetak 6 gol. Sementara kiprahnya bersama Pangeran Biru dia mencatatkan 12 gol dari seluruh penampilannya.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0898 seconds (0.1#10.140)