Obituari Antonio Inoki: Bapak Gulat Pro Jepang Musuh Muhammad Ali

Sabtu, 01 Oktober 2022 - 20:34 WIB
loading...
Obituari Antonio Inoki: Bapak Gulat Pro Jepang Musuh Muhammad Ali
Obituari Antonio Inoki: Bapak Gulat Pro Jepang Musuh Muhammad Ali/The Sun
A A A
Obituari Antonio Inoki : Bapak gulat pro Jepang musuh besar lawan Muhammad Ali meninggal pada usia 79 tahun setelah berjuang melawan penyakit langka. Pendiri gulat pro Jepang Antonio Inoki, yang pernah menghadapi juara dunia tinju Muhammad Ali, meninggal dunia pada usia 79 tahun.

Penghargaan telah mengalir dari seluruh dunia untuk pegulat profesional yang menjadi politisi yang merupakan pelopor seni bela diri campuran di Jepang. Perusahaannya mengkonfirmasi kematiannya dan berkata: "New Japan
Pro-Wrestling sangat berduka atas meninggalnya pendiri kami, Antonio Inoki. Prestasinya, baik dalam gulat profesional maupun komunitas global tidak ada bandingannya dan tidak akan pernah terlupakan."



Menurut penyiar publik NHK, dia meninggal karena gagal jantung setelah berjuang melawan penyakit jantung selama beberapa tahun. Inoki menjadi salah satu nama terbesar di sirkuit pro-gulat Jepang pada 1960-an.

Dan dia menjadi terkenal pada tahun 1976 karena menghadapi juara dunia kelas berat Ali dalam pertarungan pegulat-lawan-petinju di Tokyo - disebut sebagai "pertarungan abad ini". Atsushi Onita, pegulat pro lain yang menjadi politisi, mengatakan "sebuah era telah berakhir" saat dia memberi penghormatan kepada Inoki. ''Terima kasih, Inoki-san. Bapak gulat pro," tulisnya.

Triple H, chief content officer World Wrestling Entertainment Inc saat ini, menyebut Inoki salah satu tokoh terpenting dalam sejarah bisnisnya. "Seorang pria yang mewujudkan istilah 'semangat juang'... warisan Hall of Famer WWE Antonio Inoki akan hidup selamanya," katanya.

Sebagai penghormatan, WWE mengatakan Inoki adalah "di antara orang yang paling dihormati di dunia olahraga-hiburan dan legenda bonafide di tanah airnya". "WWE menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada keluarga, teman, dan penggemar legenda squared circle dan dunia gulat secara keseluruhan," kata sebuah pernyataan.

Tony Khan, presiden All Elite Wrestling, mencap Inoki sebagai "pelopor" dalam industri gulat pro. "Pengaruh Inoki dan prestasinya akan hidup selamanya di dunia gulat; dia adalah inspirasi bagi semua pemimpi," kata Khan.



Inoki juga memasuki dunia politik, memenangkan kursi di majelis tinggi parlemen Jepang pada tahun 1989. Dia menjadi berita utama tahun berikutnya pergi ke Irak selama Perang Teluk dan campur tangan atas nama sandera Jepang, yang dibebaskan.

Inoki kehilangan kursinya pada tahun 1995 dan pensiun sebagai pegulat pada tahun 1998, tetapi terpilih kembali ke majelis tinggi pada tahun 2013 sebagai anggota partai oposisi lainnya. Setelah membangun hubungan pribadi yang kuat dengan Korea Utara selama bertahun-tahun, Inoki melakukan perjalanan ke sana puluhan kali untuk membantu menyelesaikan masalah penculikan warga Jepang oleh Pyongyang selama Perang Dingin, sebelum mengakhiri karir politiknya pada 2019.

Pegulat itu mengatakan dia ingin "berkontribusi pada perdamaian dunia melalui olahraga" dan mengatur seni bela diri dan festival gulat di Korea Utara - sering bertemu pejabat tinggi selama kunjungannya.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1493 seconds (0.1#10.140)