Duel Persib vs Persija Ditangguhkan, Polisi Minta Suporter Segera Pulang

Minggu, 02 Oktober 2022 - 16:01 WIB
loading...
Duel Persib vs Persija Ditangguhkan, Polisi Minta Suporter Segera Pulang
Laga Persib Bandung vs Persija Jakarta ditangguhkan. Kondisi Stadion GBLA sepi dengan penjagaan ribuan personel. Foto: Arif Budianto/MPI
A A A
BANDUNG - Polda Jawa Barat menghimbau Bobotoh yang sudah membeli tiket laga Persib Bandung vs Persija Jakarta untuk tidak datang ke Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Sebab, laga lanjutan Liga 1 2022/2023 bertajuk El Clasico Indonesia itu ditangguhkan.

Baca Juga: Siap-siap! 7 Sanksi FIFA Ini Ancam Indonesia Imbas Tragedi Kanjuruhan

Seharusnya duel Persib vs Persija digelar sore nanti. Tapi, lantaran adanya tragedi Kanjuruhuan yang menewaskan ratusan jiwa selepas laga Arema FC vs Persebaya Surabaya, maka jadwal Liga 1 ditunda sepekan.

Itu berarti perang antara Persib dengan Persija otomatis juga batal digelar. Karena itu, suporter yang sudah datang ke GLBA diminta untuk segera pulang ke kediaman masing-masing.

Himbauan ini disampaikan Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol, Ibrahim Tompo. Tujuannya agar tidak terjadi kerumunan yang mungkin saja nantinya memicu hal yang tidak diinginkan.

"Kalaupun masyarakat yang sudah tahu dengan kondisi ini sebaiknya balik ke daerah masing-masing agar tidak terjadi keramaian masa yang bisa menimbulkan keramaian masa tanpa ada tujuan yang jelas," jelasnya.

Pantauan di Stadion GBLA, ribuan aparat kepolisian tampak masih standby di sekitar stadion. Puluhan kendaraan juga ada di sana.

Polisi tampak masih berjaga-jaga. Mereka juga masih memberlakukan pengamanan di setiap ring dan menanyakan setiap pengunjung yang masuk.

Sementara stadion tampak sepi. Tak tampak ada penonton atau Bobotoh dalam jumlah banyak. Hanya beberapa Bobotoh saja yang hilir mudik.

Lebih lanjut Ibrahim Tompo mengatakan, ribuan personel kepolisian akan tetap standby di Stadion GBLA untuk melihat kondisi masyarakat dan pengunjung. Polisi akan melakukan penjagaan sampai kondisinya sudah kondusif dan aman.

"Kalau kondisinya sudah aman, baru anggota bisa meninggalkan tempat ini, " tegas dia.

Ibrahim Tompo menyatakan pihaknya sebenarnya sudah menyiapkan ribuan personel untuk melakukan pengamanan. Sebab, ini itu pertandingan yang dianggap panas. sehingga mempersiapkan sistem pengamanan baik dari personel lebih ekstra dari sebelumnya.

"Kita sama-sama menyampaikan rasa prihatin juga pada rekan rekan yang pendukung yang ada di luar kota agar bisa memaklumi kondisi yang ada saat ini," ucapnya.

Baca Juga: Menyayat Hati, Korban Tewas Tragedi Kanjuruhan Ada yang Berusia 12 Tahun

Kita sama sama menyampaikan rasa prihatin sama sama berduka dengan kondisi itu sehingga kita mengharapkan ada pemakluman dari para pendukung," pungkas Ibrahim Tompo.

(mirz)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2805 seconds (11.97#12.26)