Hasil Piala Asia Futsal 2022: Bungkam Taiwan, Indonesia Lolos Perempat Final!

Minggu, 02 Oktober 2022 - 22:55 WIB
loading...
Hasil Piala Asia Futsal 2022: Bungkam Taiwan, Indonesia Lolos Perempat Final!
Timnas Futsal Indonesia memastikan tiket perempat final Piala Asia Futsal 2022 usai membungkam Taiwan/Foto/Instagram/FFI
A A A
KUWAIT CITY - Timnas Futsal Indonesia memastikan tiket perempat final Piala Asia Futsal 2022 usai membungkam Taiwan 4-1 pada laga pemungkas penyisihan Grup C di Saad Al Abdullah Hall, Kuwait City, Minggu (2/10/2022) malam WIB itu. Muhammad Fajriyan menyumbang hat-trick di laga itu.

Hasil itu menempatkan Merah Putih di peringkat 2 klasemen Grup C dengan 6 poin, sekaligus lolos untuk kali pertama dalam sejarah. Iran yang melawan Lebanon malam ini, menjadi juara grup. Iran meraih 6 poin dalam 2 laga.



Jalannya pertandingan babak pertama, mengenakan jersey putih-putih, Indonesia mendominasi jalannya pertandingan sejak menit-menit awal. Mereka menerapkan tempo yang cepat dengan umpan-umpan pendek yang membuat Taiwan kerepotan.

Saat laga berjalan tiga menit, Firman Adriansyah mendapatkan peluang pertama untuk Tim Merah-Putih. Namun, tendangan keras yang dilepaskannya dari sisi kiri pertahanan lawan masih bisa ditepis oleh Wang Kung Wei.



Dua menit kemudian, gantian Syauqi Saud yang mengancam pertahanan Taiwan. Sayangnya, sontekannya yang menyambar umpan tarik Muhammad Rizki Xavier lagi-lagi bisa dihalau oleh Wang Kung Wei.

Tak lama berselang, Taiwan akhirnya bisa keluar dari tekanan dan memperoleh peluang pertama mereka dalam laga ini. Akan tetapi, sepakan Chiu Chia-wei terelalu lemah sehingga bisa ditangkap dengan mudah oleh Muhammad Nizar.

Terus menekan, akhirnya serangan Pasukan Garuda membuahkan hasil pada menit ke-9. Adalah Muhammad Fajriyan yang mencatatkan namanya di papan skor usai menjebol gawang lawan dengan tendangan mendatarnya yang menyelesaikan umpan terobosan dari Syauqi.

Tiga menit berselang, Fajriyan berhasil menorehkan gol keduanya dalam laga ini. Kali ini, dia menyambar bola liar hasil tendangan Syauqi, yang sebelumnya di tepis kiper lawan, dengan tendangan kerasnya.

Tak lama setelahnya, kerjasama Fajriyan dan Syauqi lagi-lagi menghasilkan gol untuk Indonesia. Umpan dari Syauqi dihantam dengan tendangan kaki kiri Fajriyan yang menghujam ke pojok kiri atas gawang. Skor berubah 3-0 dan pemain bernomor punggung 10 itu mencatatkan hattrick.

Tertinggal tiga gol, Taiwan menerapkan strategi power play untuk memecah kebuntuan. Meski bisa mengurung Indonesia, mereka tak mampu mendapatkan gol di babak pertama.

Di sisi lain, Indonesia mengandalkan serangan balik. Namun, hingga turun minum belum ada gol lagi yang mereka ciptakan. Babak pertama berakhir dengan keunggulan 3-0 untuk Tim Merah-Putih.

Memasuki babak kedua, Indonesia masih mendominasi pertandingan. Umpan-umpan pendek cepat yang mereka terapkan masih sulit diimbangi oleh Taiwan.

Tiga menit babak kedua berjalan, Tim Merah-Putih hampir memperlebar jarak dari sang lawan. Sayangnya, tendangan keras yang dilesatkan Samuel Eko masih menyamping tipis di sisi kanan gawang.

Namun, setelah itu Indonesia cukup kesulitan untuk menembus pertahanan Taiwan. Di sisi lain, Taiwan juga kembali bermain power play sehingga armada Mohammed Hashemzadeh terpaksa tampil lebih bertahan.

Akan tetapi, pada menit ke-9, akhirnya Pasukan Garuda berhasil menambah keunggulan menjadi 4-1. Lagi-lagi kombinasi Fajriyan dan Syauqi yang membuahkan gol bagi Indonesia. Kali ini, gantian Syauqi yang membukukan namanya di papan skor usai tendangan kerasnya yang menyambut operan Fajriyan tak mampu dijangkau oleh Wang Kung Wei.

Tak menyerah begitu saja, Taiwan terus mengurung pertahanan Indonesia. Serangan mereka akhirnya membuahkan gol pada menit ke-11 setelah sontekan Lin Chih-Hung di tiang dua tak mampu dihalau oleh Nizar.

Tiga menit kemudian, sang kiper M. Nizar nyaris mencetak gol indah setelah dirinya menangkap tendangan lawan yang bermain power play. Namun sayang, tendangannya yang meluncur ke gawang Taiwan yang kosong melompong masing mengenai tiang sebelah kiri.

Pada menit ke-17 serangan Taiwan nyaris merobek jala Indonesia. Untungnya, Lin Chih-Hung gagal mengeksekusi bola dengan baik di tiang jauh meski dirinya sudah berdiri bebas.

Memasuki menit-menit akhir, Taiwan terus mengepung Indonesia untuk mendapatkan gol tambahan. Namun, hingga peluit panjang dibunyikan, tak ada gol lagi yang tercipta. Alhasil, Tim Merah-Putih berhasil menutup pertandingan dengan kemenangan telak 4-1 untuk memastikan diri lolos ke perempat final.

Susunan pemain

Taiwan: Chiang Hsin-Wei, Chen Wei-chun, Chiu Chia-wei, Chou I-te, Hung Kai-chun, Huang po-chun, Hung Wei-teng, Chang Chien-ying, Huang Tai Hsiang, Lin Chih-hung, Chi Sheng-fa, Lai Ming-hui, Lin Chien-hsun, Chen Ching-hsuan, Wang Kung Wei.
Pelatih: Chang Chien-Ying

Indonesia: M. Nizar; M. Rizki Xavier, M. Iqbal Rahmattullah, Firman Adriansyah, Samuel Eko, M. Nazil Purnama, Dewa Rizki Amanda, Wendy Brian, Syauqi Saud, Ardiansyah Nur, Rio Pangestu, M Fajriyan, Reza Gunawan, Ryan Dwi Reynaldi.
Pelatih: Mohammad Hashemzadeh

(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1851 seconds (0.1#10.140)