3 Formasi Jitu Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Nomor 2 Ampuh Sikat Curacao

Senin, 03 Oktober 2022 - 06:16 WIB
loading...
3 Formasi Jitu Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Nomor 2 Ampuh Sikat Curacao
3 Formasi Jitu Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Nomor 2 Ampuh Sikat Curacao/Antara
A A A
Tiga formasi jitu Shin Tae-yong di Timnas Indonesia yang salah satunya ampuh untuk menyikat Timnas Curacao dan Kuwait dalam laga internasional. Formasi andalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia sering berubah. Formasi yang dipakai bisa berubah tergantung lawan.

Baca Juga: 4 Kelebihan Pemain Timnas Indonesia yang Main di Klub Luar Negeri

Jika lawan yang dihadapi lebih kuat dari timnas Indonesia, maka formasi yang digunakan akan berbeda jika lawan yang dihadapi lebih lemah. Jika sama kuat, Shin Tae-yong bisa menyesuaikan sesuai kebutuhan. Yang pasti, Shin Tae-yong selalu memanggil pemain sesuai kebutuhan. Nama besar tidak selalu menjadi pilihannya di Timnas Indonesia. Berikut 3 formasi andalan Shin Tae Yong untuk Timnas Indonesia

1. 4-3-3

Formasi 4-3-3 banyak dipakai ketika di awal Shin Tae-yong melatih Indonesia. Formasi ini sering digunakan di Piala AFF 2021. Formasi ini membuat banyak pemain muda masuk skema Shin Tae-yong. Mulai dari Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho, Pratama Arhan, hingga Elkan Baggott.

Formasi ini juga mengakomodasi banyak pemain sayap cepat baru Timnas Indonesia. Sebut saja Ramai Rumakiek dan Witan Sulaeman. Beberapa pemain usia matang pun juga mulai masuk saat formasi ini dipakai. Sebut saja Ricky Kambuaya dan Nadeo Argawinata.

2. 3-4-3

Formasi 3-4-3 menjadi formasi yang paling sering dipakai Shin Tae-yong. Formasi ini bisa berubah menjadi 5-3-2 saat bertahan. Formasi 3-4-3 ini menuntut 2 wing back untuk sering naik turun. Dua posisi ini diperankan dengan baik oleh Pratama Arhan dan Asnawi Mangkualam.

Posisi wing back kanan juga beberapa kali dimainkan Rachmat Irianto dengan baik. Salah satunya saat melawan Kuwait dimana Rachmat Irianto membuat 1 assist dan 1 gol ke gawang Kuwait. Formasi ini juga lebih stabil untuk pertahanan Indonesia.

Timnas Curacao menjadi korban terbaru dari formasi ini karena membuat pertahanan Indonesia lebih ketat dan serangan Indonesia lebih kuat. Formasi 3-4-3 ini menguntungkan pemain yang bisa bermain di banyak posisi. Rachmat Irianto menjadi pemain yang sering bermain di berbagai posisi seperti libero, bek tengah, wing back kanan, hingga gelandang tengah.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2813 seconds (11.252#12.26)