Resmi, Xabi Alonso Pelatih Bayer Leverkusen

Kamis, 06 Oktober 2022 - 00:47 WIB
loading...
Resmi, Xabi Alonso Pelatih Bayer Leverkusen
Bayer Leverkusen resmi menunjuk Xabi Alonso sebagai pelatih anyar mereka hingga 30 Juni 2024 mendatang. Keputusan ini diambil setelah klub resmi memecat pelatih Gerardo Seoane / Foto: Twiter Bayer Leverkusen
A A A
MUNICH - Bayer Leverkusen resmi menunjuk Xabi Alonso sebagai pelatih anyar mereka hingga 30 Juni 2024 mendatang. Keputusan ini diambil setelah klub resmi memecat pelatih Gerardo Seoane.

"Klub Bundesliga Bayer 04 Leverkusen telah berpisah dengan pelatih kepala Gerardo Seoane. Pelatih asal Swiss itu akan digantikan oleh Xabi Alonso, yang kontraknya berlangsung hingga 30 Juni 2024," tulis Bayer Leverkusen dikutip dari laman resminya, Kamis (6/10/2022).

Bayer Leverkusen mengawali musim 2022-2023 dengan hasil yang mengecewakan. Pasalnya, dari delapan pertandingan di kompetisi domestik mereka hanya mampu meraih satu kemenangan, dua imbang dan lima kekalahan.

BACA JUGA: Pesan Bima Sakti usai Timnas Indonesia Puncaki Klasemen Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17

Hal tersebut membuat Bayer Leverkusen berada di zona degradasi, yakni peringkat ke-17 dengan lima poin. Performa mengecewakan di musim ini, berbanding terbalik di musim lalu karena mereka berhasil finis di posisi ketiga klasemen.

Sementara demi menyelamatkan masa depan klub, Bayer Leverkusen pun memutuskan untuk memecat Seoane dan menunjuk Alonso. Pelatih berusia 40 tahun itu pun disebut menjadi pilihan tepat untuk menggantikan Seoane.

Pasalnya Xabi memiliki pengalaman di Liga Jerman, sebagai pemain saat membela Bayern Munchen pada 2014-2017. Usai pensiun sebagai pemain, ia menjadi pelatih dengan lisensi pro UEFA.

BACA JUGA: Indonesia Hajar UEA di Kualifikasi Piala Asia U-17, Netizen: Timnas Sudah Berkembang, PSSI Kapan?

Xabi pun memiliki pengalaman sebagai pelatih di tim junior Liga Spanyol, yakni Real Madrid dan Real Sociedad B. Bersama Real Sociedad B, ia sudah menjalani 98 pertandingan dengan 40 kemenangan, 23 hasil imbang dan 35 kekalahan.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1049 seconds (0.1#10.140)