Iwan Bule Mundur! Ribuan Netizen Tandatangan Petisi Desak Mochamad Iriawan Turun dari Ketum PSSI

Kamis, 06 Oktober 2022 - 09:06 WIB
loading...
Iwan Bule Mundur! Ribuan Netizen Tandatangan Petisi Desak Mochamad Iriawan Turun dari Ketum PSSI
Desakan mundur Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan kian kuat/Foto/PSSI
A A A
JAKARTA - Desakan mundur Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia ( PSSI ) Mochamad Iriawan kian kuat. Kini ribuan netizen Tanah Air bergerak melalui change.org, menandangi petisi yang meminta pria yang akrab di sapa Iwan Bule itu meninggalkan kursi ketum PSSI.

Netizen ingin Iwan Bule menunjukkan tanggung jawabnya kepada para korban Tragedi Kanjuruhan. Seperti diketahui, pada Sabtu, 1 Oktober 2022, sedikitnya 125 nyawa melayang dalam insiden yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, selepas Arema FC dikalahkan Persebaya Surabaya 2-3 dalam laga lanjutan Liga 1 2022/2023.



Mayoritas kehilangan nyawa setelah mengalami sesak napas dan juga terinjak-injak karena kepanikan yang terjadi akibat lemparan gas air mata ke tribun penonton. Mereka berdesak-desakan menuju pintu keluar yang terbatas karena sejumlah pintu tertutup.

Operator Liga 1 yakni, PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan PSSI, yang menaungi kompetisi tersebut, dianggap publik sebagai pihak yang wajib bertanggung jawab atas insiden mengerikan itu.



Terlebih, Arema FC dan Persebaya sebenarnya sudah menyetujui pertandingan bertajuk Derby Jawa Timur itu untuk digelar di sore hari, bukannya malam hari seperti yang dijadwalkan, agar jika terjadi kerusuhan bisa ditangani lebih mudah oleh petugas. Namun, hal itu justru ditolak PT LIB, yang tetap bersikeras untuk menghelat pertandingan itu mulai pukul 20.00 WIB.

Oleh karena itu,Perhimpunan Jurnalis Rakyat (PIJAR) memprakarsai petisi yang mendesak Ketua Umum dan para pengurus PSSI mundur dari jabatan mereka. Hal itu ditujukan sebagai bentuk rasa hormat mereka kepada para korban Tragedi Kanjuruhan dan untuk mengevaluasi sepak bola Tanah Air secara keseluruhan.

“Kita meminta Ketua Umum dan semua pengurus Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk mundur dari jabatannya, sebagai bentuk hormat dan respect terhadap korban tragedi kerusuhan Stadion Kanjuruhan, Malang dan untuk pembenahan sepakbola secara keseluruhan,” bunyi petisi tersebut di laman change.org.

“Serahkan investigasi kepada Kemenpora/KONI selaku organ pemerintah dan penegak hukum dan FIFA untuk membuat investigasi atau langkah yang diperlukan,” lanjutnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1208 seconds (0.1#10.140)