Inilah Perbandingan Prestasi Shin Tae-yong vs Park Hang-seo

Kamis, 06 Oktober 2022 - 14:00 WIB
loading...
Inilah Perbandingan Prestasi Shin Tae-yong vs Park Hang-seo
Inilah Perbandingan Prestasi Shin Tae-yong dan Park Hang-seo/PSSI
A A A
Inilah perbandingan prestasi Shin Tae-yong dan Park Hang-seo, dua pelatih Korea Selatan yang saat ini masing-masing menangani Timnas Indonesia dan Vietnam. Shin Tae-yong dan Park Hang-seo menjadi sorotan setelah terlibat rivalitas saat masing-masing menukangi Timnas Indonesia dan Vietnam.

Shin Tae-yong mencatat prestasi mengesankan selama membesut Timnas Indonesia. Sedangkan Park Hang-seo juga membuktikan kapasitasnya dengan mengangkat prestasi Timnas Vietnam. Berikut prestasi Shin Tae-yong dan Park hang-seo:



Prestasi Shin Tae Yong
Shin Tae-yong merupakan sosok yang disegani saat menangani Seongnam Ilhwa Chunwa. Dan berawal dari itu, ia diangkat menjadi pelatih sementara di Timnas Korea Selatan di tahun 2014. Ia pernah menangani Timnas Korsel yaitu U-20, U-23 dan bahkan ia pernah menangani tim senior di tahun 2017 hingga 2019.

Untuk lebih jelas berikut adalah tiga tim yang dilatih oleh Shin Tae-yong dengan pencapaian mengejutkan yang mengguncang Asia.

1. Seongnam Ilhwa Chunwa
Seongnam Ilhwa Chunwa ini merupakan klub asal Korea Selatan yang didirikan sejak tahun 1989. klub ini merupakan kasta tertinggi di liga Korsel. Saat menjadi pelatih, Shin Tae Yong meraih beberapa prestasi bersama dengan klub ini yaitu menjadi juara di Liga Champions Asia di tahun 2010 dan Piala FA Korea pada tahun 2011.

2. Timnas Korea Selatan
Sebelum menjadi pelatih di timnas Indonesia, ia pernah menjadi pelatih di timnas Korea Selatan. Shin Tae Yong berhasil membawa timnas senior Korea menjuarai EAFF Championship atau Piala AFF Asia Timur, Pada tahun 2017, ia membawa kembali timnas senior berlaga di Piala Dunia Rusia 2018 dan saat itu Korea Selatan tampil dengan sangat menakjubkan mengalahkan Jerman dengan skor 2-0.

3. Timnas Indonesia
Tidak hanya menjadi pelatih pemain senior, Shin Tae-yong juga melatih Timnas Indonesia U-19 hingga Timnas U-23. Semenjak melatih di timnas Indonesia, ia mencatatkan sejumlah prestasi yaitu menjadi runner-up Piala AFF 2020, meraih medali perunggu SEA Games 2021, menaikkan ranking FIFA Indonesia dalam waktu yang sangat singkat dari 175 menjadi 152, meloloskan Timnas Indonesia ke Piala Asia U-20 dan Piala Asia 2023.



Prestasi Park Hang-seo
Park Hang-seo pernah menangani Timnas Korsel U-23 yang dengan meraih juara ketiga. Park juga pernah membuat Sangju Sangmu meraih juara K League 2 di tahun 2013 dan tahun 2015. Park Hang-seo juga pernah mengantar klub Korsel yaitu Changwon Fc menjadi juara Korea National League Champion di tahun 2017.

Saat ia menjabat menjadi pelatih Timnas Vietnam, ia mengantarkan timnas tersebut menjadi pemenang di Piala AFF di tahun 2018. Secara jumlah trofinya, ia lebih banyak dibandingkan dengan Shin Tae Yong. (MG/Nabilah Rofiqoh Duri)
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1352 seconds (0.1#10.140)