Profil Arkhan Kaka, Mesin Gol Timnas Indonesia U-16 si Pemilik Tendangan Geledek

Kamis, 06 Oktober 2022 - 14:41 WIB
loading...
Profil Arkhan Kaka, Mesin Gol Timnas Indonesia U-16 si Pemilik Tendangan Geledek
Pesepak bola Timnas U-17 Indonesia Arkhan Kaka Putra di Grup B Piala Asia U-17 2023 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (5/10/2022). ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/aww.
A A A
BOGOR - Profil Arkhan Kaka sang striker tajam timnas Indonesia U-16 ada di artikel ini. Pemilik tendangan geledek itu berhasil membawa timnas meraih kemenangan keduanya di pertandingan Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 .

Dalam laga kedua Grup B yang berlangsung Rabu, (5/10/2022) kemarin, timnas berhasil membungkam Uni Emirat Arab dengan skor akhir 3-2. Pada laga ini, Kaka menjadi bintang kemenangan dengan brace yang dilesatkan masing-masing di menit 30’ dan 54’.

Baca Juga: Perjalanan Karier Bima Sakti Menukangi Timnas Indonesia U-16

Adapun di laga perdana Grup B melawan Guam, Arkhan Kaka juga tampil moncer dengan mengemas 4 gol (quattrick) dalam kemenangan 14-0 di Stadion Pakansari, Senin (3/10/2022) lalu.

Lantas, siapakah sebenarnya Arkhan Kaka ini?
Profil Arkhan Kaka, Mesin Gol Timnas Indonesia U-16 si Pemilik Tendangan Geledek

Kaka merupakan putra dari mantan punggawa Persija Jakarta, yaitu Purwanto Suwondo. Pemain kelahiran Blitar, 2 September 2007 ini mengawali karier sepak bola dengan bergabung SSB Tunas Muda Blitar.

Tampil dengan performa menjanjikan, Arkhan Kaka juga sempat diboyong Bhayangkara FC U-16 yang kala itu mengikuti ajang Elite Pro Academy.

Sebelum menjadi andalan Bima Sakti di lini serang timnas Indonesia U-16, Kaka diketahui memiliki proses perjuangan yang tidak mudah. Saat seleksi pada Mei 2021, namanya sempat dicoret.

Akan tetapi, Kaka tidak menyerah dan berhasil menunjukan kualitasnya di Elite Pro Academy U-16. Sempat juga meraih penghargaan top skor bersama Bhayangkara, pada akhirnya dia bisa masuk timnas Indonesia U-16.

Menurut laman Transfermarkt, saat ini Arkhan Kaka menjadi bagian dari Persis Solo Youth. Mendapat kontrak jangka panjang, striker muda timnas ini diproyeksikan menjadi ujung tombak Laskar Sambernyawa di masa depan.

Dalam dua laga awal Timnas Indonesia U-16 di ajang Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Kaka cukup banyak berkontribusi dalam kemenangan skuad Garuda Asia dengan koleksi 6 gol.

Setelah mencetak Quattrick ke gawang Guam, dia kembali menunjukan kapabilitasnya dengan melesatkan dua gol saat laga melawan UEA. Atas raihan dua kemenangan awal ini, tim asuhan Bima Sakti bertengger di posisi pertama dengan raihan enam poin.

Salah satu hal menarik dari Arkhan Kaka dalam laga melawan Uni Emirat Arab kemarin, Kaka melepas tendangan geledek dari dalam kotak penalti tak dapat dihentikan kiper Hamdan Mohamed Alhammadi. Bola melesat masuk menerjang jaring gawang, skor berubah menjadi 3-2 dan bertahan hingga laga bubar.

Arkhan sebelumnya mencetak gol juga di laga tersebut yang menjadi gol kedua Timnas Indonesia U-17 dengan sebuah sontekan di muka gawang. Ketika menghadapi Guam, Arkhan sudah lebih dulu mempertontonkan sepakan keras yang akurat.
(sto)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1085 seconds (10.101#12.26)