3 Pemain Timnas Indonesia yang Pensiun karena Dihantam Cedera Parah

Kamis, 06 Oktober 2022 - 21:01 WIB
loading...
3 Pemain Timnas Indonesia yang Pensiun karena Dihantam Cedera Parah
Tiga pemain Timnas Indonesia yang pensiun karena cedera/foto/google
A A A
JAKARTA - Tiga pemain Timnas Indonesia yang pensiun karena cedera akan dibahas dalam artikel ini. Cedera menjadi hantu bagi pesepak bola profesional.

Tak sedikit pemain harus mengakhiri karier akibat cedera yang tak kunjung sembuh meski secara potensi masih bisa berkembang dan berprestasi. Pensiun karena cedera bukan kasus sulit ditemukan dalam sepak bola.

Berikut tiga pemain Timnas Indonesia yang memutuskan gantung sepatu setelah dihantam cedera.

1. Ilham Jaya Kesuma

Pria kelahiran Ambon 19 September 1978 ini merupakan mantan pemain sepak bola profesional Indonesia. Ilham terakhir kali main pada Liga Super Indonesia sebagai striker.

Ia menjadi striker top Indonesia di era 2000an. Ilham mencuri perhatian ketika mengantar kuda hitam Persita Tangerang menembus final Liga Indonesia musim 2002. Tercatat sebagai pencetak gol terbanyak pada Piala Tiger 2004, berhasil membuat dirinya direkrut oleh MPPJ Selangor pada 2006.

Baca juga: Hasil Pertandingan dan Klasemen Grup E-H Liga Champions: Chelsea Tempel Salzburg, Juventus Pecah Telur

Namun, kariernya merosot seusai dia pindah ke Negeri Jiran itu. Kabarnya saat tampil Liga Super Malaysia ia dihantam cedera berat pada lututnya. Putusnya kontrak membuat ia kembali ke Persita, namun performa bermain Ilham justru menurun dan akhirnya membuat dia berpindah-pindah klub.

Ia sempat bermain di Persita, Mitra Kukar, dan Sriwijaya FC menjadi penghias bangku cadangan karena cedera kambuh. Pasca Piala AFF 2006, dia tak lagi dipanggil membela timnas Garuda. Hingga 2011-2012 seusai membela Sriwijaya FC, Ilham memutuskan pensiun di usia 33 tahun.

2. Firmansyah
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1820 seconds (11.210#12.26)