Profil PT LIB, Operator Kompetisi Liga 1 yang Ngotot Pertandingan Digelar Malam Hari

Sabtu, 08 Oktober 2022 - 09:03 WIB
loading...
Profil PT LIB, Operator Kompetisi Liga 1 yang Ngotot Pertandingan Digelar Malam Hari
Profil PT LIB, Operator Kompetisi Liga 1 yang Ngotot Pertandingan Digelar Malam Hari. Foto: IST
A A A
JAKARTA - Profil PT LIB akan dibahas di artikel ini. Sebelumnya, PT Liga Indonesia Baru (LIB) tengah menjadi sorotan publik pasca tragedi Kanjuruhan yang memakan banyak korban jiwa.

Dalam peristiwa memilukan tersebut, PT LIB disebut sebagai salah satu pihak yang paling bersalah atas tragedi Kanjuruhan. Mereka juga menjadi sasaran protes dan dituntut untuk bertanggung jawab penuh.



Lantas, seperti apa sejarah lahirnya PT LIB ini juga bagaimana perannya dalam memutar kompetisi sepak bola di Indonesia?

Secara umum, PT Liga Indonesia Baru atau biasa dikenal PT LIB merupakan operator dan penyelenggara kompetisi sepak bola di Indonesia. Dalam hal ini, mereka melangsungkan beberapa kompetisi seperti Liga 1, Liga 2, dan seterusnya.

Perusahaan ini menjadi pengganti PT Liga Indonesia yang menjadi operator Liga Super Indonesia pada tahun 2009 hingga tahun 2015. Setelah pembekuan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia pada 2015 hingga tahun 2016, perusahaan ini ditunjuk sebagai penyelenggara liga oleh ketua umum PSSI saat itu, Edy Rahmayadi, pada 16 Maret 2017.

Beberapa pengurus Liga Indonesia Baru sebelumnya terlibat sebagai pengurus pada PT Gelora Trisula Semesta, operator Indonesia Soccer Championship. Salah satunya adalah Glenn Sugita, pebisnis yang terlibat sebagai komisaris di PT GTS.

Pada Rapat Umum Pemegang Saham pada tahun 2019, beberapa pengurus PT Liga Indonesia Baru mengalami perubahan setelah Glenn dan Berlinton Siahaan mengundurkan diri dari jabatannya.

Beberapa posisi pengurus Liga Indonesia Baru pada tahun tersebut dijabat secara interim. Menjelang kompetisi musim 2020, LIB resmi menunjuk orang-orang baru yang akan duduk pada posisi komisaris utama, komisaris, dan direktur utama dengan tiga posisi direktur di bawahnya.

Pada pertengahan tahun 2020, perombakan pengurus kembali terjadi setelah Cucu Somantri beserta tiga komisaris PT LIB mundur dari jabatannya. Melalui RUPS pada 13 Juni 2020, ditetapkan Ahmad Hadian Lukita sebagai Direktur Utama PT LIB.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3791 seconds (0.1#10.140)