Pencak Silat Mendunia, Prabowo Sebut Orang Prancis Sampai Berguru ke Indonesia

Sabtu, 08 Oktober 2022 - 16:58 WIB
loading...
Pencak Silat Mendunia, Prabowo Sebut Orang Prancis Sampai Berguru ke Indonesia
Pencak Silat Mendunia, Prabowo Sebut Orang Prancis Sampai Berguru ke Indonesia. Foto: Istimewa
A A A
YOGYAKARTA - Olahraga bela diri pencak silat semakin mendunia. Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia ( PB IPSI ), Prabowo Subianto, sampai menyebut orang Prancis rela berlatih selama berbulan-bulan di Indonesia.

"Orang Prancis datang ke Sumbar (Sumatera Barat), ada yang ke Cirebon. Dia tinggal di desa 7 bulan, 5 bulan, (untuk) belajar pencak silat dari guru. Dia serius belajar," ucap Prabowo dalam sambutannya pada acara pelantikan pengurus IPSI Jawa Tengah (Jateng) dan IPSI Yogyakarta di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, pada Jumat (7/10).

Baca Juga: Sukses Jadi Juara Umum Kejuaraan Dunia Pencak Silat, Prabowo Subianto: Kebanggaan Besar bagi Bangsa Indonesia

Prabowo menambahkan, perkembangan pencak silat di negara lain juga mengalami perkembangan pesat. India dan Pakistan menjadi buktinya.

"India paling pesat perkembangan pencak silat, Pakistan paling pesat. Asia Tengah, Rusia, Eropa dan mereka adalah fisiknya, badannya tinggi-tinggi, kurus-kurus, langsing-langsing. Sekali tendang, tendangannya jauh. Sekali mukul, pukulannya jauh," tuturnya.

Menurut Prabowo, hal tersebut menunjukkan bangsa asing sangat serius dalam mendalami dan mempelajari pencak silat. Menteri Pertahanan RI ini pun mengajak masyarakat serius dalam menggeluti seni bela diri asal Indonesia tersebut, termasuk dukungan dari pemerintah.

"Kalau kita tidak serius, suatu saat mereka akan kuasai ilmu-ilmu nenek moyang kita. Karena itu, mohon dukungan dari pemda (pemerintah daerah) masing-masing untuk lebih membina pencak silat, jangan hanya nunggu pertandingan dan jangan hanya tugas untuk dapat medali emas," tuturnya.
(sto)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2585 seconds (11.97#12.26)