Max Verstappen Rebut Pole Position GP Jepang 2022, Duo Ferrari Lengkapi 3 Besar

Sabtu, 08 Oktober 2022 - 18:01 WIB
loading...
Max Verstappen Rebut Pole Position GP Jepang 2022, Duo Ferrari Lengkapi 3 Besar
Max Verstappen Rebut Pole Position GP Jepang 2022, Duo Ferrari Lengkapi 3 Besar. Foto: Reuters
A A A
SUZUKA - Sesi kualifikasi F1 GP Jepang 2022 sudah diketahui setelah selesai digelar pada Sabtu (8/10/2022) siang WIB. Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen, berhasil mengamankan pole position untuk balapan esok hari di Sirkuit Suzuka.

Verstappen menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 29,304 detik. Dia hampir selalu menjadi yang teratas selama tiga sesi kualifikasi berlangsung.

Sementara itu, posisi kedua dan ketiga di starting grid diamankan oleh duo Ferrari, Charles Leclerc dan Carlos Sainz. Mereka sempat berusaha mengejar catatan waktu Verstappen di akhir sesi Q3, tetapi gagal melakukannya.

Baca Juga: Max Verstappen Ditunggu Rebut Gelar Juara Formula 1 di GP Jepang

Pada awal Kualifikasi 1 (Q1), Yu Tsunoda dari Alpha Tauri memimpi di depan dengan torehan waktu 1 menit 31,631 detik. Dia unggul 0,4 detik dari rekan setimnya, Pierre Gasly.

Akan tetapi, tak lama kemudian Lando Norris mencatatkan waktu 0,2 detik dari pembalap asal Jepang itu. Lalu, Sergio Perez berhasil merangsek ke urutan teratas usai unggul 0,8 detik dari Norris.

Posisi tersebut hanya bertahan sebentar saja, setelah itu Max Verstappen mengambil alih tempat teratas dengan selisih 0,4 detik dari Perez. Mengikuti di belakangnya, Carlos Sainz dan Charles Leclerc dengan jarak waktu yang tak begitu jauh.

Lima menit jelang Q1 usai, duo Mercedes, George Russel dan Lewis Hamilton sempat berada di posisi lima terbawah dan terancam gagal melaju ke Q2. Namun, mereka akhirnya bisa mengamankan posisi di urutan keenam dan kedelapan.

Pada akhirnya Q1 berakhir dengan posisi lima teratas di tempati oleh Verstappen, Sainz, Leclerc, Alonso dan Perez. Sementara yang gagal melanjutkan ke Q2 adalah Alex Albon, Pierre Gasly, Kevin Magnussen, Lance Stroll dan Nicholas Latifi.

Memasuki Q2, Verstappen masih mempertahankan posisi tercepat. Sementara rekan setimnya, Perez, merangsek naik ke tempat ketiga dan Sebastian Vettel mengamankan urutan kelima.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0930 seconds (0.1#10.140)