Prabowo Berikan Wejangan kepada Para Pendekar: Hormati Orang Tua dan Bela Kebenaran

Minggu, 09 Oktober 2022 - 08:56 WIB
loading...
Prabowo Berikan Wejangan kepada Para Pendekar: Hormati Orang Tua dan Bela Kebenaran
Ketua Umum PB IPSI, Prabowo Subianto memberi wejangan kepada jajarannya. Dia meminta agar selalu menghormati orang tua dan tak bosan membela kebenaran. Foto: Twitter
A A A
YOGYAKARTA - Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI), Prabowo Subianto memberi wejangan kepada jajarannya. Dia meminta agar selalu menghormati orang tua dan tak bosan membela kebenaran.

Baca Juga: Hari Pertama Kualifikasi Papua, Atlet Muda Pertajam Rekor Tolak Peluru

Pesan itu disampaikan Prabowo dalam sambutannya pada Pelantikan Pengurus IPSI Jawa Tengah (Jateng) dan IPSI Yogyakarta. Acara ini berlangsung di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, Jumat (7/10/2022).

"Guru-guru saya mengajarkan berbuat baik, berpikir sebelum berbuat, berpikir baik, bertutur kata baik, berbuat baik," ujar Prabowo.

"Pendekar kalau tidak bisa membantu banyak orang, bantu beberapa orang. Tidak bisa bantu beberapa orang, bantu satu orang. Tidak bisa bantu satu orang, jangan bikin orang lain susah," lanjutnya.

Prabowo menambahkan seorang pendekar juga harus menghormati orang tua dan budayanya serta membela kebenaran. "Hindari pelanggaran-pelanggaran, hindari tindakan-tindakan negatif, berpikir baik," harapnya.

Bagi Prabowo, sikap seorang pendekar juga tidak pernah pernah menyombongkan kekuatan yang dimilikinya. Hal tersebut selaras dengan filosofi ojo adigang, adigung, dan adiguna serta ajaran nenek moyang.

"Pendekar (bersikap) ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani. Ini dijalankan, ini diresapi, ini kita akan tenang kita akan sejuk," jelas Menteri Pertahanan RI itu.

Baca Juga: Pencak Silat Mendunia, Prabowo Sebut Orang Prancis Sampai Berguru ke Indonesia

"Saya kira, itu yang ingin saya sampaikan, pencak silat lebih dari olahraga, budaya, seni, filosofi hidup, kepribadian, makanya ilmu pencak silat dari pendekar, dari semua guru yang saya dapat, adalah semakin berisi, semakin menunduk, rendah hati, tidak rendah diri, jangan sombong, ojo dumeh," tandas Prabowo.
(mirz)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2675 seconds (10.177#12.26)