Reformasi dan Transformasi Sepak Bola Nasional, Erick Thohir: Indonesia Wajib Laksanakan Arahan FIFA

Minggu, 09 Oktober 2022 - 16:02 WIB
loading...
Reformasi dan Transformasi Sepak Bola Nasional, Erick Thohir: Indonesia Wajib Laksanakan Arahan FIFA
Erick Thohir menceritakan bagaimana ia memiliki hubungan baik dengan Presiden FIFA Gianni Infantino, yang membuat Indonesia lolos dari sanksi berat federasi sepak bola dunia / Foto: screenshot Instagram Erick Thohir
A A A
JAKARTA - Erick Thohir menceritakan bagaimana ia memiliki hubungan baik dengan Presiden FIFA Gianni Infantino, yang membuat Indonesia lolos dari sanksi berat federasi sepak bola dunia. Latar belakang Menteri BUMN yang pernah menjabat Presiden Inter Milan pada 2015 menjadi alasannya.

"Ketika itu, Gianni menjadi Sekjen UEFA, sehingga kami sering bertemu. Apalagi dia orang Italia dan juga seorang Interisti, jadi dengan posisi saya di Internazionale FC, maka kami cepat akrab," jelas Erick Thohir dalam keterangannya, Minggu (9/10/2022).

Erick melanjutkan, pada 2015, saat sepak bola Indonesia terkena sanksi FIFA akibat kisruh antara pemerintah, yang diwakili Menpora saat itu, Imam Nahrawi dengan PSSI yang dipimpin La Nyala Matalitti, dirinya mendapat amanah dari Presiden Joko Widodo untuk membantu berkomunikasi kepada FIFA agar sanksi tersebut dicabut. "Ketika itu, saya bukan siapa-siapa. Jadi kaget juga ketika Bapak Presiden meminta saya untuk mengurus sanksi itu. Akhirnya, karena saya kenal baik dengan Gianni, maka melalui dia, saya bisa membuka jalur ke FIFA dan menyampaikan amanah Presiden, sehingga sanksi dicabut tahun 2016 dan hanya berjalan setahun," ungkap Erick.

BACA JUGA: Tragedi Kanjuruhan: Tanda Tangan Petisi Desak Iwan Bule Mundur dari Ketum PSSI Tembus 42 Ribu

Berkat relasi kuat lewat bahasa sepak bola itu pula, untuk kedua kalinya Erick mengaku kembali meminta bantuan ke Gianni Infantino. Dengan mengantongi amanah dari Presiden Joko Widodo, Erick pun terbang ke Doha untuk berjumpa Gianni, usai menjalani kunjungan kerja di Eropa.

"Awalnya, ketemu perwakilan FIFA, meski saya sudah berkomunikasi dengan Presiden Gianni. Apalagi, sebelumnya Presiden Gianni juga sudah kontak dengan presiden kita. Akhirnya saya terbang ke Doha untuk berjumpa dengan Gianni. Saat pertama bertemu, masing-masing susah bicara. Kita orang bola, kita punya perasaan yang sama atas kejadian itu," kenang Erick.

Saat keduanya bertemu, mata Gianni Infantino berkaca-kaca. "Dia bercerita, bahwa semasa kecil sering dibawa ke stadion sepak bola sama bapaknya dan tentu itu sebuah kebahagiaan yang tidak terlupakan, sehingga kejadian di Kanjuruhan sesuatu yang tidak terpikirkan jika ia harus mengalami," tambahnya.

BACA JUGA: Fans Borussia Dortmund Bentangkan Spanduk: Justice For Kanjuruhan!

Karena itu, Erick menambahkan sikap bijak FIFA yang bersedia bersama pemerintah Indonesia melakukan reformasi dan transformasi sepak bola nasional harus benar-benar dijalankan seluruh stakeholder sepak bola Indonesia. "Ini FIFA yang bijak mau membantu Indonesia. Jadi harus kita laksanakan arahan yang diberikan. Terus terang, hasil positif dari FIFA tak lain karena kedekatan dan kepercayaan yang selama ini terjadi. Jadi jangan pernah disia-siakan kepercayaan yang diberikan," pungkas Erick.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1877 seconds (0.1#10.140)