Terungkap! TGIPF Buka Keterangan LIB: Laga Arema vs Persebaya Atas Permintaan Indosiar

Rabu, 12 Oktober 2022 - 07:46 WIB
loading...
Terungkap! TGIPF Buka Keterangan LIB: Laga Arema vs Persebaya Atas Permintaan Indosiar
Fakta baru terungkap dalam sengkarut jam tayang Arema FC versus Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan. Laga tetap digelar malam hari karena permintaan broacaster. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Fakta baru terungkap dalam sengkarut jam tayang Arema FC versus Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022). Partai yang kemudian berujung insiden mematikan itu tetap digelar malam hari konon karena permintaan broacaster.



Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) terus menyelidiki insiden yang kini telah menewaskan 132 orang itu, dimana sebagian besar di antaranya suporter. Mereka telah menemui sejumlah pihak yang terkait, seperti PSSI, PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan Indosiar selaku broadcaster.

Salah satu yang jadi perhatian TGIPF adalah mengapa laga lanjutan Liga 1 antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan itu tetap digelar pada malam hari yakni pukul 20.00 WIB.

TGIPF lalu menemukan bukti, berdasarkan keterangan LIB, laga tetap digelar malam hari rupanyaatas permintaan Indosiar.

TGIPF menyebut Indosiar yang punya hak siar menayangkan seluruh pertandingan Liga 1 meminta agar Arema FC vs Persebaya tetap main malam hari.

Jadwal pertandingan antara Arema vs Persebaya memang menjadi polemik. Sebab, polisi sempat meminta jadwal yang semula pukul 20.00 WIB agar dipindah ke pukul 15.30 WIB.

Namun, saran polisi itu tidak dipatuhi LIB. Setelah berkoordinasi dengan PSSI dan broadcaster resmi, laga tetap berlangsung pada malam hari.

Pertandingan tensi tinggi itu berakhir dengan kemenangan Persebaya 3-2 atas Arema FC. Kekalahan itu dinilai menjadi pemicu kerusuhan mengerikan yang menewaskan ratusan orang.

Salah satu anggota TGIPF, Rhenald Kasali mengatakan jadwal pertandingan Arema vs Persebaya tetap digelar malam atas permintaan broadcaster, dalam hal ini Indosiar. Hal itu berdasarkan keterangan PT LIB.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2844 seconds (0.1#10.140)