Sore Ini, Iwan Bule Dipanggil Komnas HAM

Kamis, 13 Oktober 2022 - 13:10 WIB
loading...
Sore Ini, Iwan Bule Dipanggil Komnas HAM
Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam mengatakan pihaknnya akan memanggil Mochamad Iriawan, Kamis (13/10/2022) sore WIB / Foto: PSSI
A A A
JAKARTA - Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam mengatakan pihaknnya akan memanggil Mochamad Iriawan , Kamis (13/10/2022) sore WIB. Choirul menuturkan bahwa pertemuan ini untuk meminta keterangan dari Ketum PSSI terkait tragedi Kanjuruhan.

Usai pertemuan dengan Tim Independen Pencari Fakta (TGIPF), Iriawan akan bertemu Komnas HAM untuk kembali dimintai keterangan. Tak hanya Iriawan, Chairul Anam selaku Komisioner Komnas HAM juga berharap bisa memintai keterangan para petinggi PSSI.

"PSSI memang komunikasinya Insya Allah Ketumnya hadir, tapi kita juga minta komisi-komisinya agar semuanya lengkap. Kenapa? karena beberapa yang kami temukan di lapangan itu berurusan dengan aktivitas dan kewenangan dari para komisi," kata Chairul di Kantor Komnas HAM, Kamis (13/10/2022).

BACA JUGA: Asnawi Mangkualam Dihujani Cibiran Gara-gara Bela Iwan Bule, Netizen: Fokus Main Bola Aja Tong!

Dalam proses tersebut, Komnas HAM akan menanyai Iriawan soal wewenang PSSI dalam pengawasan penyelenggaraan pertandingan. Mekanisme penjatuhan sanksi untuk Arema FC dan hal yang menyangkut kapasitas stadion Kanjuruhan akan dikulik.

"Terus soal bagaimana pengaturan dan kewenangan serta pengawasan terhadap penyelenggaraan dan perencanaannya. Misalnya soal kapasitas stadion, lalu juga terus bagaimana kerangka bekerjanya, mekanisme sanksi dan pengawasan," tambahnya.

Selain PSSI, Komnas HAM juga akan memanggil perwakilan PT Indosiar selaku broadcaster. Namun sayang, Komnas HAM tidak bisa memanggil perwakilan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) karena sedang menjalani pemeriksaan di Mapolda Jawa Timur.

BACA JUGA: Daftar Hat-trick Tercepat di Liga Champions: Mo Salah Tumbangkan Rekor Gomis dan Ronaldo

"Hari ini yang sudah konfirmasi broadcasternya itu Insya Allah datang, terus sebenarnya juga ditambah awalnya besok teman-teman dari PSSI nemenin FIFA dan macem-macem, ternyata dia bisa sore ini. Jadi hari ini broadcasternya dan PSSI," tuturnya.

"Dengan PT LIB sampai saat ini sebenarnya komunikasinya kita berharap besok atau senin karena sedang ada pemeriksaan dengan kepolisian, di Polda Jatim, Jadi sore ini fix itu, PSSI dan broadcaster," pungkasnya.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1510 seconds (0.1#10.140)