Nova Widianto Singgung Komunikasi Rinov/Pitha Jelang Denmark Open 2022

Minggu, 16 Oktober 2022 - 22:01 WIB
loading...
Nova Widianto Singgung Komunikasi Rinov/Pitha Jelang Denmark Open 2022
Nova Widianto Singgung Komunikasi Rinov/Pitha Jelang Denmark Open 2022. Foto: Badminton Photo
A A A
JAKARTA - Pelatih Ganda Campuran Indonesia, Nova Widianto, mengungkapkan tak ada persiapan khusus bagi anak buahnya, Rinov Rivaldi/Pitha Haningtyas Mentari, jelang Denmark Open 2022 . Meski begitu, Nova menyinggung masalah komunikasi kedua anak asuhnya.

Ripith –sebutan Rinov/Pitha- akan memulai Tur Eropa mereka pekan depan dengan tampil di ajang Denmark Open 2022. Turnamen Super 750 itu dijadwalkan bergulir di Odense, 18-23 Oktober 2022.



Sebagai tumpuan Tim Merah-Putih di sektor ganda campuran, persiapan pasangan ranking 15 dunia itu sudah berjalan dengan baik dan maksimal. Namun, Nova menyebut tak ada persiapan khusus yang dilakukannya untuk mematangkan permainan mereka di Denmark.

Kendati demikian, Nova melihat ada perkembangan dari segi komunikasi antara Rinov dan Pitha. Menurutnya, mereka memang duet yang punya potensi besar tetapi masih sering terkendala masalah non-teknis.

“Persiapan khusus buat Rinov/Pitha jelang Denmark Open sih enggak ada. Tapi ada perkembangan dari mereka terutama komunikasinya,” kata Nova kepada awak media, termasuk MNC Portal Indonesia, saat ditemui di Pelatnas Cipayung, Jakarta, pada Kamis, 13 Oktober 2022.

“Saya yakin mereka sebenarnya bagus, tetapi kadang-kadang ada kendala non teknis, seperti Pitha kemarin ada masalah di servis, Rinov sering panikan, putus asa, terus komunikasinya kurang bagus, tapi sekarang udah mulai meningkat,” tambahnya.

Lebih lanjut, mantan duet Lilyana Natsir itu berharap Rinov/Pitha bisa konsisten memperbaiki kekurangan yang mereka miliki dari segi non teknis tersebut agar terus berkembang. Sebab menurutnya, hal-hal kecil seperti kesalahan servis saja, bisa mempengaruhi kepercayaan diri di lapangan.

“Memang kadang-kadang perubahan belum tentu langsung ada hasilnya. Tapi mudah-mudahan kalau mereka bisa begini terus saya yakin mereka bisa bagus karena kebiasaan (buruk) kadang-kadang bisa balik lagi,” jelas pelatih berusia 45 tahun itu.

“Nah itu mereka harus hindari supaya bisa konsisten. Servisnya kalau udah enakan ya konsisten lagi. Dulu kan sempat servisnya mentari eror lama beberapa pertandingan, itu kan bisa bikin kurang PD,” tambahnya.

Pada Denmark Open 2022 nanti, Rinov/Pitha bakal ditantang utusan India, Ishaan Bhatnagar/Tanisha Crasto di babak 32 besar. Lalu, setelah dari Odense, perjalanan mereka di Benua Biru berlanjut ke ajang French Open dan Hylo Open 2022.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1903 seconds (0.1#10.140)