Media Asing Sebut Indonesia Berpeluang Tampil di Piala Asia U-17 2023, Laos Dikorbankan

Senin, 17 Oktober 2022 - 12:07 WIB
loading...
Media Asing Sebut Indonesia Berpeluang Tampil di Piala Asia U-17 2023, Laos Dikorbankan
Ekspresi dari Pesepak bola Tim Nasional U-17 Indonesia Arkhan Kaka Putra (tengah) usai kalah melawan Tim Nasional U-17 Malaysia. Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj.
A A A
KUALA LUMPUR - Timnas Indonesia sudah dipastikan gagal lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023 setelah gagal di babak kualifikasi. Namun, media asing meyakini Indonesia masih punya peluang lolos.

Seperti kita tahu, Timnas Indonesia U-16 gagal lolos ke Piala Asia U-17 2023 setelah finis sebagai runner-up Grup B. Di klasemen runner-up terbaik pun, Timnas Indonesia U-16 gagal memperoleh tiket.

Harapan untuk lolos pupus setelah Timnas Indonesia U-16 menduduki posisi ketujuh di belakang Laos. Sampai di sini, hanya juara grup dan enam tim darui runner-up terbaik yang berhak lolos.

Baca Juga: 5 Fakta di Balik Timnas Indonesia U-16 Gagal Menembus Piala Asia U-17

Enam tim tersebut adalah Korea Selatan, China, Afghanistan, India, Thailand, dan Laos. Adapun, Indonesia berada di tempat ketujuh dengan hanya terpaut selisih gol dari Laos.

Faktanya, Timnas Indonesia U-16 tidak lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023. Namun baru-baru ini, media Malaysia, Harimau Malaya, menyebut peluang Indonesia untuk bermain di Piala Asia U-17 2023 masih terbuka. Kok bisa? Begini analisisnya:

Situasinya saat ini tuan rumah Piala Asia U-17 2023 belum ditunjuk oleh Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). Awalnya putaran final akan berlangsung di Bahrain, namun negara tersebut mundur sehingga status tuan rumah masih kosong.

Media Malaysia menyebut sampai saat ini dari 16 kontestan yang lolos ke putaran final tidak ada yang bersedia jadi tuan rumah. Harimau Malaya juga melaporkan bahwa AFC membuka wacana bagi negara di luar kontestan untuk mengambil peran sebagai tuan rumah.

Laporan yang sama menyebut situasi ini bisa dimanfaatkan Indonesia untuk mengajukan diri. Jika jadi tuan rumah, kata Harimau Malaya, Indonesia akan mendapat tiket putaran final kemudian AFC akan mencoret Laos dari daftar.

"Indonesia masih memiliki harapan untuk lolos ke Piala Asia U-17 jika menjadi tuan rumah. Hal itu tidak akan disukai Laos. Karena Laos mungkin akan dikorbankan," tulis laporan Harimau Malaya.
(sto)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2178 seconds (10.55#12.26)