Erick Thohir Lobi Presiden FIFA agar Bantu Benahi Sepak Bola Indonesia

Rabu, 19 Oktober 2022 - 07:00 WIB
loading...
Erick Thohir Lobi Presiden FIFA agar Bantu Benahi Sepak Bola Indonesia
Presiden FIFA, Gianni Infantino melakukan pertemuan khusus dengan Presiden Republik Indonesia, Jokowi. Erick Thohir dinilai berjasa merealisasikan pertemuan itu. Foto: ANTARA FOTO/Budi Candra Setya
A A A
JAKARTA - Presiden FIFA , Gianni Infantino melakukan pertemuan khusus dengan Presiden Republik Indonesia, Jokowi di Istana Negara, Selasa (18/10). Menteri BUMN, Erick Thohir dinilai berjasa merealisasikan pertemuan itu.

Baca Juga: Persija Jakarta Mulai Bersiap Sambut Lanjutan Liga 1

Kedatangan Infantino ke Indonesia memang tak terlepas lobi Menteri Erick yang diutus Jokowi untuk menemuinya dua pekan lalu di Doha, Qatar.

Jaringan Erick di dunia sepak bola internasional yang luas menjadi salah satu faktor kunci yang membuat Infantino bersedia datang ke Indonesia.

Tak hanya datang, berkat lobi Erick, Infantino akan terlibat dalam pembenahan sepak bola nasional usai Tragedi Kanjuruhan.

"Saya datang membawa para ahli kami. Kami akan membantu dan berinvestasi dan kami akan memastikan sepak bola Indonesia akan bersinar di pentas global," kata Infantino di Istana Negara.

Tiba di Jakarta, Selasa (18/10/2022) pagi, Infantino dijemput langsung Erick di bandara. Kedua pria yang sama-sama menggemari Inter Milan itu saling berpelukan sambil berbincang akrab saat berjumpa di bandara.

Mereka lalu segera meluncur ke Istana untuk bertemu dengan Jokowi. Infantino tiba di Istana Kepresidenan pada pukul 12.00 WIB. Dia disambut oleh Presiden Jokowi di Ruang Jepara, Istana Merdeka, kemudian melakukan pembicaraan secara tertutup.

Jokowi mengatakan, pertemuan yang digelar itu merupakan pertemuan antara pemerintah dan FIFA. Pertemuan ini merupakan kelanjutan dari lobi Erick yang diperintah Jokowi untuk menemui Infantino di Qatar.

Karena itu pertemuan tak dihadiri oleh Ketua Umum PSSI. “PSSI nanti urusannya FIFA. Tadi, urusan FIFA dengan pemerintah,” ujar Jokowi saat ditanya wartawan.

Jokowi sempat menyampaikan bahwa pemerintah dan FIFA akan memperbaiki sepak bola Indonesia usai tragedi Kanjuruhan. Dia mengatakan selama proses pembentukan tim transformasi sepak bola Indonesia, FIFA akan berkantor di Indonesia.

Baca Juga: Hasil Liga Spanyol, Atletico Madrid vs Rayo Vallecano: Los Rojiblancos Buang Kemenangan

Itu menjadi salah satu poin dalam surat yang dikirimkan FIFA kepada Jokowi sebagai tindak lanjut pembicaraan via telepon yang dilakukan Jokowi dengan Infantino pada 3 Oktober 2022.
(mirz)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1895 seconds (11.97#12.26)