Komitmen Platform Game Wujudkan Perkembangan Pelajar Lewat Esport

Kamis, 20 Oktober 2022 - 22:52 WIB
loading...
Komitmen Platform Game Wujudkan Perkembangan Pelajar Lewat Esport
Komitmen Platform Game Wujudkan Perkembangan Pelajar Lewat Esport. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Esports khusus pelajar terbesar di Indonesia Mabar.com dan DBL Indonesia, yang merupakan penyelenggara DBL Play Mabar High School Tournament mengumumkan dukungan dari Itemku. Ini adalah bentuk dukungan terhadap pengembangan pelajar melalui esport .

CEO dan Founder Itemku Denis Kim menjelaskan, kini esport telah menjadi salah satu sarana aktualisasi dan pengembangan diri bagi anak-anak muda.



“Kami ingin menjadi bagian dari aksi pengembangan diri yang dilakukan anak muda melalui esport. Komitmen ini kami wujudkan melalui dukungan kami terhadap DBL Play dan Mabar.com dalam penyelenggaraan DBL Play Mabar High School Tournament,” ucap Denis dalam rilis yang diterima wartawan.

“Kami melihat DBL Play dan Mabar.com memiliki visi yang sama dengan kami dalam membantu pengembangan dan aktualisasi anak muda melalui esport,” ungkap Denis.

Anak muda, termasuk para pelajar kini tidak sekadar bermain game secara kasual.
Komitmen Platform Game Wujudkan Perkembangan Pelajar Lewat Esport

Dari data pendaftar Mabar.com, terdapat setidaknya 22.071 orang dari 2.480 tim yang berasal dari 1.632 sekolah di 21 provinsi yang menjadi pengguna. Hal ini menunjukkan minat yang tinggi atas permainan gaming kompetitif.

Bergabungnya Itemku dalam DBL Play Mabar High School Tournament juga diharapkan semakin meningkatkan minat pelajar untuk mengembangkan diri melalui esports.

Selain itu, juga mendorong terbentuknya ekosistem kompetisi esport berjenjang bagi pelajar yang lebih masif.

DBL Play Mabar High School Tournament adalah kompetisi esport khusus pelajar tingkat SMA yang digelar secara daring maupun luring pada 19 kota di 16 Provinsi dengan memainkan gim Mobile Legends Bang-Bang (MLBB).

Format kompetisi dilakukan dengan mempertemukan tim-tim dari berbagai sekolah yang berada di dalam regional yang sama untuk menemukan juara provinsi.

Kemudian, juara pada 16 provinsi akan bertanding untuk memperebutkan gelar juara nasional. “Sebagai platform marketplace produk-produk digital terbesar dan terlengkap, Itemku akan menyediakan hadiah berupa diamond MLBB pada tiap pertandingan,” ucap Denis.

“Dengan adanya dukungan ini, harapannya para tim pelajar semakin bersemangat bertanding, dan DBL Play Mabar High School Tournament dapat menjadi turnamen pelajar berjenjang terbesar di Indonesia,” sambung Denis.

CEO dan CO-Founer Mabar.com, Aziz Hasibuan, menyambut baik dukungan Itemku terhadap DBL Play Mabar High School Tournament. Bersama DBL Play, dan Itemku, diharapkan dapat menggaet lebih banyak tim esport pelajar untuk berpartisipasi dalam kompetisi.

“Platform MABAR.com saat ini memiliki lebih dari 20 ribu pengguna yang berasal dari 1.632 sekolah di 21 provinsi. Dukungan dari Itemku kepada turnamen kami dan pemberian diamond bagi peserta akan membuat turnamen menjadi semakin seru,” ungkap Aziz.

Dukungan Itemku disebut Aziz juga menjadi sinyal positif terhadap pengembangan ekosistem esport alias gim kompetitif bagi pelajar.

Berdasarkan riset yang dilakukan Mabar.com bersama Tim Laboratorium Cognition, Affect, and Well-Being (CAW Lab) Fakultas Psikologi Universitas Indonesia ditemukan hasil bahwa bermain gim kompetitif dapat membantu pelajar mengembangkan aspek psikologis dan kognitif pelajar.

Riset bertajuk Mabar Esports Student Athlete Research (2022) tersebut menyimpulkan, bahwa pelajar yang bermain esport lebih unggul dibandingkan pelajar yang bermain gim secara kasual, maupun pelajar yang tidak bermain gim sama sekali. Keunggulan itu terwujud dalam beberapa aspek.

Pertama, aspek kontrol respons yang membuat orang lebih fokus. Kedua, akurasi yang jauh lebih tinggi. Ketiga, kemampuan regulasi emosi yang lebih baik. Dan, keempat adalah kepribadian yang tidak impulsif dan tidak rentan stres.

“Platform dan turnamen kami didesain bukan hanya untuk menang kalah, namun untuk membantu pelajar bisa mengembangkan karakter lebih baik. Sekolah juga memiliki peran sangat penting untuk mengarahkan minat bermain gim pelajar. Misalnya dengan memfasilitasi dan menjadikan sekolah sebagai Esports Development Center,” lanjut Aziz.

Peserta dari provinsi Sumatera Utara,Kalimantan Barat, Banten, DI Jogjakarta, Jawa Barat, serta dari seri Nusantara (dari seluruh provinsi lainnya) masih bisa mendaftarkan diri. Dari turnamen tingkat provinsi ini akan dipilih tim-tim terbaik untuk bertanding kembali di DBL Play MABAR National Championship untuk memperebutkan gelar nasional.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1788 seconds (0.1#10.140)