Indonesia International Stand Up Paddle Series 2022 Angkat Kearifan Lokal

Minggu, 23 Oktober 2022 - 21:27 WIB
loading...
Indonesia International Stand Up Paddle Series 2022 Angkat Kearifan Lokal
Indonesia International Stand Up Paddle Series 2022 bakal digelar di Desa Les Eco Village, Tejakula, Buleleng pada 4-6 November 2022 mendatang / Foto: Istimewa
A A A
BALI - Bali Stand Up Paddle Community (Bali SUP Community), organisasi stand up paddle di Bali yang berada di bawah naungan Stand Up Paddle Indonesia, tengah bersiap menghadirkan ajang kompetisi bertajuk "Indonesia International Stand Up Paddle Series 2022" di Les Eco Village, Tejakula, Buleleng pada 4-6 November 2022 mendatang.

Kompetisi ini merupakan ajang bagi atlet-atlet stand up paddle yang berada di bawah pembinaan 18 pengurus daerah yang tersebar di Indonesia. Seri Bali merupakan seri penutup dari kompetisi "Indonesia International Stand Up Paddle Series 2022", di mana sebelumnya dilaksanakan di Lampung pada bulan Agustus, Jakarta pada bulan September, serta Jawa Barat pada Oktober silam.

Gede Eka Sandi Asmadi (Bli Lolo ) selaku Ketua Panitia Indonesia International Stand Up Paddle Series 2022, menuturkan ada beberapa tujuan terselenggaranya ajang ini. Salah satunya adalah berkontribusi terhadap kemajuan pariwisata bahari di Indonesia.

"Dengan adanya event skala internasional seperti ini, kami berharap dapat mengangkat nama Indonesia umumnya, dan Bali khususnya, di mata internasional. Kedua adalah untuk ajang kompetisi bagi para atlet stand up paddle di Indonesia, serta yang ketiga adalah sebagai media pembibitan dan pencarian bakat-bakat atlet muda potensial sekaligus mengangkat kearifan lokal ," ujar Gede Eka Sandi dalam keterangan persnya.
(Bli Lolo )

"Kami sengaja mengambil lokasi di Bali Utara tepatnya di Pantai Penyumbahan Desa Les sebagai seri penutup kompetisi ini, dikarenakan potensi yang dimiliki pesisir utara Pulau Bali ini tidak kalah dari yang ada di selatan Bali. Wilayah pesisir Bali Utara memiliki karakteristik ombak yang cocok, tidak terlalu besar, dan sesuai dengan standar kompetisi stand up paddle . Kami juga memilih lokasi ini untuk lebih mengangkat nama dan citra pesisir Bali Utara, sehingga wisatawan domestik dan internasional akan lebih tertarik untuk datang ke mari," lanjutnya.Hal yang sama disampaikan oleh Gede Adi Wistara selaku Kepala Desa Les bahwa masyarakat sangat gembira menyambut event ini serta akan memberikan dukungan penuh terhadap event-event yang berbasiskan sport tourism namun tetap memperhatikan ekosistem dan lingkungan agar tetap terjaga secara alami

Selain hal tersebut, kompetisi ini juga dirancang untuk dapat menggerakkan ekonomi warga di kawasan Bali Utara dalam jangka panjang. Stand up paddle yang merupakan salah satu bentuk sport tourism, diharapkan dapat berkontribusi positif terhadap perekonomian lokal melalui pengeluaran yang bersumber dari peserta dan wisatawan, peningkatan kualitas infrastruktur pendukung, serta peningkatan standar layanan akomodasi dan fasilitas.

Sport tourism juga merupakan salah satu pilihan olahraga pasca-pandemi yang berpotensi untuk dapat mendongkrak pariwisata dan ekonomi. "Hal ini sesuai dengan pernyataan Presiden Jokowi bahwa sport tourism itu memiliki potensi untuk dapat berkontribusi positif terhadap perekonomian dan kesejahteraan warga. Kami bertekad untuk dapat menggelar kompetisi ini secara berkesinambungan dari tahun ke tahun, sehingga dapat memberikan kontribusi positif terhadap berbagai lini kehidupan masyarakat," pungkas Gede Eka Sandi ( Bli Lolo )

Sebagai informasi, stand up paddle adalah olahraga air yang menggabungkan surfing atau selancar dengan kano dengan menggunakan bilah paddle yang kini tengah menjadi salah satu aktivitas olahraga air populer di dunia. Dalam tingkatan internasional, olahraga ini banyak dipertandingkan di beberapa negara seperti Singapura, Jepang, Amerika Serikat, dan regional Eropa dan diselenggarakan oleh APP World Tour dan sudah mulai populer di Indonesia.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3955 seconds (0.1#10.140)