Mengenang Kisah Lucien Laurent, Pencetak Gol Pertama di Piala Dunia

Rabu, 26 Oktober 2022 - 21:30 WIB
loading...
Mengenang Kisah Lucien Laurent, Pencetak Gol Pertama di Piala Dunia
Piala Dunia 2022 akan bergulir mulai 20 November - 18 Desember di Qatar. Ada sejumlah kisah unik yang bisa disimak, termasuk siapa pencetak gol pertama. Foto: lepoint.fr
A A A
DOHA - Piala Dunia 2022 akan segera bergulir di Qatar mulai 20 November - 18 Desember. Ada sejumlah kisah unik yang bisa disimak, termasuk siapa pencetak gol pertama dalam turnamen sepak bola terakbar itu.



Ini akan mengingatkan lagi publik kepada mendiang Lucien Laurent. Mantan pemain Timnas Prancis masuk buku sejarah lantaran yang pertama kali menjebol gawang lawan di Piala Dunia.

Laurent sejatinya sudah meninggal dunia sejak 11 April 2005 saat berusia 97 tahun. Tapi, namanya akan tetap abadi karena jadi yang pertama kali mencetak gol di Piala Dunia.

Laurent melakukannya saat inagurasi Piala Dunia pada 1930 dengan Uruguay menjadi tuan rumah. Itu terjadi saat Prancis melawan Meksiko dalam penyisihan Grup 1, tepatnya di menit ke-19.

Aksinya disaksikan oleh sekitar empat ribu penonton di Estadio Pocitos, Montevideo, pada 13 Juli 1930. Padahal, saat itu dia berposisi sebagai sayap kiri.

Menariknya, ketika masih hidup, Laurent mengaku masih tidak percaya bisa mencetak gol perdana di Piala Dunia. Bahkan, dia tak menyangka turnamen sepak bola empat tahunan itu masih bertahan hingga saat ini.

“Tentu saja, saat itu saya tidak bisa membayangkan betapa pentingnya gol itu. Kami bahkan tidak tahu Piala Dunia akan bertahan," kenang Laurent, dahulu kala.

"Saya ingat ketika saya pulang, hanya ada sedikit penyebutan di salah satu surat kabar. Sepak bola masih dalam masa pertumbuhan," lanjutnya dalam wawancara yang dikutip dari First Post.

Saat itu Laurent masih membela CA Paris dan telah diizinkan untuk membela Prancis di Piala Dunia 1930. Akan tetapi, saat itu kehidupan pesepak bola jauh dari seperti sekarang ini yang bisa berpergian menggunakan pesawat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1325 seconds (0.1#10.140)