Negara yang Pernah Menjuarai Piala Dunia, Nomor 4 Paling Banyak

Kamis, 27 Oktober 2022 - 10:00 WIB
loading...
Negara yang Pernah Menjuarai Piala Dunia, Nomor 4 Paling Banyak
Negara yang pernah menjuarai Piala Dunia sepanjang sejarah akan dibahas di artikel ini. Ada delapan negara yang masuk daftar ini, dimana Brasil paling sukses. Foto: insidethegames.biz
A A A
DOHA - Negara yang pernah menjuarai Piala Dunia sepanjang sejarah akan dibahas di artikel ini. Ada delapan negara yang masuk daftar ini.



Di tahun 2022 ini, event sepak bola paling akbar sejagad itu akan kembali hadir. Qatar didaulat sebagai tuan rumah. Untuk pertama kalinya, even empat tahun ini bakal digelar mulai 20 November, bukan saat musim panas seperti biasanya.

Dalam riwayatnya, tercatat Brasil menjadi negara yang paling banyak mengoleksi trofi Piala Dunia. Tim Samba sudah lima kali juara, mengalahkan Jerman dan Italia yang masing-masing meraih 4 gelar juara.



Berikut negara yang pernah menjadi juara Piala Dunia:

1. Uruguay

Dalam sejarahnya, Uruguay menjadi negara pertama yang berhasil meraih trofi Piala Dunia, yakni pada tahun 1930. La Celeste yang kala itu berstatus sebagai tuan rumah berhasil membungkam Argentina di partai puncak dengan skor akhir 4-2.

Tak hanya sekali, Uruguay berhasil mengulang prestasi yang sama kala menjadi jawara pada Piala Dunia 1950. Saat itu, mereka berhasil mengalahkan Brasil di final dengan skor akhir 2-1.

2. Italia

Selama meramaikan ajang bergengsi ini, Italia telah meraih 4 trofi Piala Dunia. Gelar itu didapat Gli Azzurri pada edisi 1934, 1938, 1982 serta 2006.

Pada Piala Dunia 2006, kala itu Fabio Cannavaro dkk berhasil menumbangkan Prancis melalui drama adu penalti, sekaligus mencatatkan torehan gelar keempat bagi Italia.

Sayangnya, pada Piala Dunia 2022, Italia tidak akan tampil karena gagal lolos.

3. Jerman

Berikutnya ada Jerman. Der Panzer memiliki catatan fantastis di Piala Dunia. Tercatat, mereka telah menjuarai ajang ini sebanyak 4 kali, yakni pada 1954, 1974, 1990, dan 2014.

Pada laga final Piala Dunia 1990, saat itu Jurgen Klinsmann dkk sukses mengalahkan Argentina yang diperkuat Diego Maradona dengan skor tipis 1-0.

4. Brasil

Sebagai salah satu negara yang meraih trofi Piala Dunia terbanyak, Brasil pertama kali menjadi juara pada edisi 1958. Saat itu, Selecao berhasil mencukur Swedia dengan skor 5-2.

Brasil kembali meraih empat trofi Piala Dunia pada 1962, 1970, 1994 serta 2002. Dengan banyaknya potensi yang dimiliki saat ini, tim Samba menjadi salah satu kandidat kuat jawara Piala Dunia 2022.

5. Inggris

Inggris dikenal memiliki kompetisi liga yang kompetitif jika dibandingkan negara lain. Mereka juga pernah mencicipi trofi Piala Dunia pada 1966.

Kala itu, The Three Lions yang dipimpin Bobby Moore sukses mengalahkan Jerman di partai puncak dengan skor akhir 4-2 melalui babak perpanjangan waktu.

6. Argentina

Sepanjang keikutsertaannya di Piala Dunia, Argentina sudah mengantongi dua gelar. La Albiceleste merajai perhelatan 1978 dan 1986.

Pada gelaran Piala Dunia 1986, Diego Maradona dkk berhasil mengalahkan Jerman di partai puncak dengan skor 3-2. Namun, sampai sekarang, meski ada Lionel Messi, Negeri Tango tidak pernah lagi jadi juara.

7. Prancis

Prancis saat ini berstatus sebagai juara bertahan Piala Dunia. Pada edisi terbarunya, tim Ayam Jantan mengandaskan Kroasia di partai final dengan skor 4-2.

Di Piala Dunia 2022, skuad asuhan Didier Deschamps ini memiliki kesempatan yang cukup terbuka untuk meraih trofi keduanya, mengingat cukup banyak pemain potensial yang dimiliki.

Sebut saja seperti Kylian Mbappe (Paris Saint-Germain) serta Karim Benzema (Real Madrid) yang baru saja meraih Ballon d’Or.

8. Spanyol

Lalu, ada Spanyol. La Furia Roja pernah menjuarai event bergengsi ini pada 2010. Kala itu, Iker Casillas dkk sukses menumbangkan Belanda 1-0 di partai puncak melalui babak perpanjangan waktu.

Di Piala Dunia 2022, Spanyol akan mengandalkan komposisi pemain muda dan senior. Pemain seperti Alvaro Morata akan saling bahu-membahu bersama Gavi hingga Ansu Fati.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2069 seconds (0.1#10.140)