Energen Champion SAC Indonesia 2022 Kalimantan Qualifiers Loloskan 32 Pelajar Terbaik

Minggu, 30 Oktober 2022 - 22:29 WIB
loading...
Energen Champion SAC Indonesia 2022 Kalimantan Qualifiers Loloskan 32 Pelajar Terbaik
Sebanyak 32 pelajar putra dan putri tingkat SMA berstatus winner dan runner-up Energen Champion SAC Indonesia 2022 - Kalimantan Qualifiers yang akan bersaing pada National Championship di Jakarta pada 9-11 Desember mendatang.
A A A
BANJARBARU - Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2022 - Kalimantan Qualifiers telah rampung digelar pada 28-30 Oktober 2022. Selama tiga hari penyelenggaraan, sebanyak 2.200 pelajar mewakili dari 117 sekolah se-Kalimantan telah berkompetisi pada berbagai nomor lari dan nomor lapangan di Lapangan Jurusan Pendidikan, Olahraga dan Kesehatan (JPOK) Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Final untuk beberapa nomor dilangsungkan pada Minggu (30/10/2022). Ditutup dengan upacara pengalungan medali yang dihadiri oleh Ketua Pengurus Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Provinsi Kalimantan Selatan, H. Sarmidi. Didampingi salah satu atlet nasional kebanggaan Kalsel di nomor lari jarak pendek, Ahmad Amiruddin.

"Energen Champion SAC Indonesia ini bagus untuk anak-anak yang belum berlomba jadi bisa berlomba. Sementara anak-anak yang sudah berlomba, agar bisa lebih baik lagi hasil lombanya. Saya berharap nantinya, anak-anak ini bisa mewakili Kalimantan di ajang nasional. Maupun Internasional," ujar Sarmidi dalam keterangan persnya.

Pada hari ketiga sekaligus penutup kegiatan Energen Champion SAC Indonesia 2022 – Kalimantan Qualifiers, digelar berbagai final nomor lari. Mulai tingkat pelajar SD, SMP, hingga SMA.

Dari nomor bergengsi sprint atau lari 100 meter tingkat SMA, sprinter asal SMAN 1 Batu Ampar, M. Rifqi Ullil Ikhbal, tampil sebagai yang tercepat dengan catatan waktu 11,27 detik. Disusul Reza Surya Saputra dari SMKN 1 Sukamara sebagai runner-up dengan waktu 11,92 detik.

Sedangkan untuk persaingan putri, gelar ratu sprinter direbut Meisya Putri dari SMAN 1 Tanjung dengan catatan waktu 13,27 detik. Sedangkan Salsa Billa (SMKN 1 Tanjung) finis pada urutan kedua dengan catatan 14,43 detik.

Penyelenggaraan Kalimantan Qualifiers juga sukses melahirkan catatan rekor nomor lompat jauh putri atas nama Winney Maharati Ruung dari SMAN 1 Tanjung Kabupaten Tabalong, yang sukses naik podium juara Kalimantan Qualifiers sekaligus memecahkan rekor terbaik dari nomor lompat jauh putri. Dengan lompatan sejauh 4,7 meter Winney sementara mencatat jarak terjauh di antara tiga qualifiers lain, yakni Bali-Nusa Tenggara Qualifiers (Mataram), Papua Qualifiers (Mimika) dan Yogyakarta Qualifiers (Yogyakarta).

Total sebanyak 32 pelajar SMA putra dan putri, yang berstatus winner dan runner-up dari Kalimantan Qualifiers ini berhak diberangkatkan ke Jakarta pada 9-11 Desember mendatang. Untuk bersaing pada fase National Championship dengan juara dan runner-up perwakilan dari sembilan wilayah qualifiers yang digelar pada musim perdana Energen Champion SAC Indonesia 2022 ini.

Sementara itu, pada final nomor lari estafet 5x80 meter tingkat SMP, podium juara berhasil didominasi oleh regu pelajar dari SMPN 1 Banjarbaru. Mereka berhasil mengawinkan podium juara di nomor estafet 5x80 meter putra dan putri.

Dari tingkat SD, final lari nomor 60 meter persaingan putra berhasil diamankan M. Raffa. Siswa SDN 4 Sungai Besar ini finis dengan catatan waktu 9,16 detik. M. Sulthan Irhama (SDN 2 Komet) finis kedua dengan 9,38 detik. Posisi ketiga dihuni M. Akmal Pratama (SDN 2 Landasan Ulin Timur) dengan 9,55 detik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1433 seconds (0.1#10.140)