4 Kandidat Ketum PSSI Pengganti Iwan Bule, Nomor 2 Wakil Presiden AFF

Senin, 31 Oktober 2022 - 18:00 WIB
loading...
4 Kandidat Ketum PSSI Pengganti Iwan Bule, Nomor 2 Wakil Presiden AFF
Wakil Presiden AFF Ratu Tisha. Foto: Antara
A A A
JAKARTA - Reformasi total sepak bola nasional menjadi agenda paling disorot setelah Tragedi Kanjuruhan merenggut 135 korban jiwa. Posisi Ketua Umum (Ketum) PSSI Mochamad Iriawan digadang-gadang bakal jatuh ke tangan orang lain. Siapa saja kandidatnya?

Setelah Tragedi Kanjuruhan Sabtu (1/10/2022) merenggut ratusan nyawa manusia, muncul petisi Iwan Bule mundur dari jabatan Ketum PSSI. Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) juga merekomendasikan pengurus PSSI untuk mundur sebagai bentuk tanggung jawab.

Baca Juga: Ketum PSSI Ogah Mundur Jelang KLB, Anggota TGIPF Waspadai Manuver Iwan Bule Cs

Netizen ramai-ramai angkat suara. Mereka mendorong sejumlah nama untuk mengambil peran di puncak otoritas sepak bola Indonesia. Media asing seperti Soha (Vietnam) bahkan ikut menyoroti sejumlah nama.

"Dengan apa yang terjadi, perebutan kursi PSSI diprediksi akan berlangsung sangat menarik. Namun permasalahannya, saat ini Pak Iriawan masih tidak mau melepaskan posisinya meski menghadapi banyak tekanan." tulis Soha dalam laporannya.

Berikut 4 kandidat Ketum PSSI pengganti Iwan Bule.

1. Kaesang Pangarep (Dirut Persis Solo)

Putra Presiden RI Joko Widodo, Kaesang Pangarep, disebut-sebut sebagai kandidat Ketum PSSI. Dengan bekal pengalaman menjabat sebagai Direktur Utama Persis Solo, Kaesang dinilai sebagai figur yang tepat.

Kaesang juga terlibat mendorong Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI sebagai pintu masuk reformasi sepak bola nasional. Namun, di tengah narasi yang berkembang di media sosial, Kaesang dengan tegas mengungkapkan bahwa dirinya tidak berniat menjadi

"Saya menyatakan KLB bukan berarti saya mau menjadi Ketua PSSI. Saya mau fokus persiapan untuk pernikahan," ujar Kaesang Pangarep di akun Twitternya, @kaesangp pada 25 Oktober 2022.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2847 seconds (11.97#12.26)