Justian Suhandinata Meninggal Dunia, Bulu Tangkis Indonesia Berduka

Sabtu, 05 November 2022 - 11:10 WIB
loading...
A A A
"Kami ikut berduka cita atas berpulangnya tokoh bulutangkis nasional dan internasional, Bapak Justian Suhandinata. Dunia bulutangkis Indonesia tentu kehilangan dengan kepergian tokoh yang mendedikasikan hidupnya hanya untuk kemajuan bulutangkis Indonesia dan dunia," ucapnya.

"Banyak jasa dan prestasi beliau untuk kemajuan prestasi bulutangkis Indonesia. Bahkan hingga akhir hayatnya, Pak Justian masih berkiprah sebagai Dewan Penasehat PP PBSI 2020-2024. Mewakili PBSI dan insan bulutangkis Indonesia, sekali lagi saya mengucapkan rasa duka cita dan terima kasih atas dedikasi dan pengabdian Pak Justian hingga akhir hayat," lanjut Agung.

Justian pernah menjadi pebulu tangkis Indonesia dan masuk ke tim bayangan Piala Thomas 1967. Namun, bakatnya lebih menonjol di bidang organisasi dibandingkan sebagai atlet.

Justian memulai kiprahnya sebagai sekretaris PB Tangkas, kemudian naik menjadi Ketua Bidang Pembinaan PBSI Jakarta Selatan dan naik jadi Ketua Umum PBSI Jakarta Selatan dan kemudian menjadi anggota Komisi Teknik PBSI DKI Jakarta, hingga Ketua Pengprov PBSI DKI Jakarta.

Karir Justian semakin meroket dan berhasil menjabat sebagai Ketua Bidang Organisasi PP PBSI dan Wakil Ketua Umum PP PBSI, Sekretaris Dewan Pengawas PP PBSI, sampai menjadi Vice President BWF 1993-1995. Sementara jabatan terakhirnya adalah Council Member BWF dan Dewan Penasehat PP PBSI 2020-2024.



Justian juga berperan dalam menginisiasi gelar Kejuaraan Dunia Bulutangkis Junior Perorangan yang merupakan cikal bakal ajang Invitasi Bulutangkis Dunia Junior Bimantara (BWJBI) di Jakarta tahun 1986. Ajang internasional tersebut menjadi event tahunan BFW hingga kini.
(mirz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1888 seconds (0.1#10.140)