Marc Marquez Sering Jatuh di MotoGP 2022, Honda Diminta Perbaiki Pengereman

Senin, 07 November 2022 - 22:02 WIB
loading...
Marc Marquez Sering Jatuh di MotoGP 2022, Honda Diminta Perbaiki Pengereman
Marc Marquez gagal finis di balapan terakhir MotoGP Valencia 2022/Foto/Reuters
A A A
VALENCIA - Marc Marquez gagal finis di balapan terakhir MotoGP Valencia 2022 . Pembalap Repsol Honda itu terjatuh di Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol, sehingga tak dapat melanjutkan lomba, Minggu (6/11/2022).

Marquez meminta Honda perbaiki sistem pengereman pada motor Honda RC213 untuk musim MotoGP 2023. Dengan demikian pembalap asal Spanyol itu bisa lebih kompetitif mengarungi balapan musim depan.

Baca juga: Francesco Bagnaia Juara Dunia MotoGP 2022, Pemain Juventus Ucapkan Selamat

Di Sirkuit Ricardo Tormo, The Baby Alien -julukan Marc Marquez- mengatakan telat menarik tuas rem dan akhirnya terjatuh.

Tidak hanya Marquez, dua pembalap Honda lainnya, Alex Marquez (LCR Honda) dan Pol Espargaro (Repsol Honda) juga gagal finis karena terjatuh. Namun demikian, belum diketahui apakah penyebab keduanya terjatuh sama dengan Marquez.

Baca juga: Juara MotoGP 2022, Francesco Bagnaia Diminta Valentino Rossi untuk Bangga

Saat ini, musim sudah berakhir bagi para pembalap, termasuk Marquez. The Baby Alien menyelesaikan musim berada di urutan ke-13, dengan catatan satu podium dan 113 poin saja. Hasil yang kurang memuaskan itu diraih setelah Marquez sering terjatuh dan cedera.

Marquez mengungkapkan bahwa sistem pengereman yang buruk pada motor Honda RC213V menjadi salah satu penyebabnya. Untuk itu, pembalap asal Spanyol tersebut meminta Honda memperbaiki sistem pengereman untuk musim depan.

“Sangat penting bahwa kami sangat meningkatkan kapasitas pengereman motor. Sepeda motor sangat sulit untuk direm. Artinya kita harus mengerem motor terlalu keras di bagian terakhir zona pengereman. Ini dapat dikelola sampai batas tertentu jika Anda berkendara sendiri,” kata Marquez seperti dilansir Speedweek, Senin (7/11/2022).

“Tapi, begitu Anda berada dalam kelompok (diantara para pembalap lainnya), itu akan sangat membosankan. Makanya aku jatuh hari ini, Pol (Espargaro) juga jatuh, Alex (Marquez) juga jatuh. Ada banyak kecelakaan yang dilakukan oleh pembalap Honda sepanjang musim,” sambungnya menjelaskan.

“Jadi kami harus menemukan cara untuk menghentikan laju motor dengan lebih baik saat mengerem saat berkendara tegak di lintasan lurus. Kami juga sangat membutuhkan solusi untuk meningkatkan performa mesin,” tambah Marquez.

Marquez dan Honda memiliki kesempatan untuk melakukan pengetesan motor pada tes pramusim di Valencia pada Selasa (8/11/2022). Selain itu, The Baby Alien juga bisa mencoba motornya pada tes pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia pada 5-7 Februari untuk shakedown, dan 10-12 Februari 2023.

(sha)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1542 seconds (10.101#12.26)