Energen Champion SAC Indonesia 2022 Kualifikasi Jawa Timur Cetak Rekor Peserta Terbanyak

Sabtu, 05 November 2022 - 13:21 WIB
loading...
Energen Champion SAC Indonesia 2022 Kualifikasi Jawa Timur Cetak Rekor Peserta Terbanyak
Persaingan babak penyisihan nomor lari jarak pendek 80 meter putri tingkat SMP pada hari pertama Energen Champion SAC Indonesia 2022 - East Java Qualifiers di Lapangan Atletik THOR Surabaya, Jumat (4/11).
A A A
SURABAYA - Antusias luar biasa ditunjukkan sekolah-sekolah di Jawa Timur saat berpartisipasi pada gelaran musim perdana Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2022 – East Java Qualifiers di Lapangan Atletik THOR, Surabaya, 4 hingga 6 November. Sebanyak 4.076 pelajar tingkat SD, SMP, hingga SMA dan sederajat yang datang dari 373 sekolah di Jawa Timur.

Ribuan peserta itu bukan hanya berasal dari sekolah-sekolah di Surabaya saja. Tak sedikit peserta yang datang dari luar Kota Pahlawan, seperti dari Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, Pamekasan, Blitar, Malang, Tulungagung hingga Bojonegoro.

Jumlah peserta sebanyak itu menjadikan pelakanaan Energen Champion SAC Indonesia 2022 kualifikasi Jawa Timur mencatatkan rekor jumlah peserta terbanyak. Dibandingkan empat wilayah qualifiers sebelumnya yang telah sukses terselenggara sejak akhir September lalu, yakni Bali-Nusa Tenggara Qualifiers di Mataram (3.898 peserta), Yogyakarta (3.123), Papua (2.500) serta Kalimantan (2.200).

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Timur, Pulung Chausar, serta Ketua Umum KONI Jawa Timur Muhammad Nabil yang hadir pada hari pembukaan, dibuat geleng-geleng dengan tingginya animo tersebut. Acara opening yang digelar pada Jumat (4/11) ditandai dengan menekan buzzer.

Bersama Founder & CEO DBL Indonesia Azrul Ananda, Ketua Umum PASI Jatim Nurhasan, Ketua Harian PASI Jatim Catur Supriyono, Kadisbudparpora Wiwiek Widayati, Marketing Communication Department PT. MPM Distributor Yahya Suprastyo, Group Regional Sales Manager PT. Mayora Indah Tbk Yudi Kurniawan, Brand Manager PT. Darya Varian Laboratoria Tbk dan Wakil Konsulat Jenderal Australia, Anthony Clark turut memeriahkan acara pembukaan ini.

Pulung Chausar mengaku takjub dengan antusiasme peserta yang hadir di Lapangan Atletik THOR Surabaya. Tak lupa, ia juga berterima kasih kepada para orang tua, guru dan sekolah yang telah mendukung penuh siswa-siswinya untuk ikut berpartisipasi pada kompetisi atletik pelajar terbesar tersebut. “Kami berharap kegiatan ini bisa rutin diselenggarakan tiap tahunnya,” harap Pulung.

Sementara itu, Azrul Ananda kembali menggaungkan semangat berkompetisi dalam cabang olahraga atletik. Azrul menyebut kompetisi atletik pelajar seperti Energen Champion SAC Indonesia ini potensinya bisa lebih besar daripada basket. Karena atletik merupakan induknya semua cabang olahraga.

“Atletik ini juga skill dasar kehidupan dan seru sekali. Saya dulu waktu sekolah di Amerika Serikat juga menekuni atletik,” cerita Azrul pada suporter yang hadir di tribun. “Harapan kami, adik-adik ini pernah merasakan kompetisi. Pernah merasakan lari di lintasan internasional. Siapa tahu dari sini akan ada pemecah rekor dunia kelak,” ujarnya.

Pada hari pertama East Java Qualifiers digelar, sudah ada satu rekor yang tercipta. Tepatnya dari nomor tolak peluru putri jenjang SMP. Yang diraih oleh Siswi SMPN 24 Gresik bernama Naza. Tak tanggung-tanggung, tolakan terbaiknya berhasil mencapai 9,77 meter. Ia berhasil mengalahkan hasil tolakan peserta yang menjadi jawara pada Bali-Nusra Qualifiers, Papua Qualifiers, Yogyakarta Qualifiers dan Kalimantan Qualifiers. Hasil lengkap tiap Qualifiers dapat diakses melalui website resmi www.sacindonesia.com.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan kompetisi atletik paling akbar di Indonesia. Acara ini diadakan oleh Energen Champion, bekerja sama dengan Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) dan DBL Indonesia. Energen Champion adalah minuman cokelat berenergi yang mengandung susu dan telur dari Mayora. Selain bertujuan memasifkan atletik di kalangan pelajar, event ini juga bertujuan menjaring anak-anak muda bertalenta dari sembilan Regional Qualifiers. Yakni Bali-Nusa Tenggara (Mataram), Papua (Mimika), DI Yogyakarta (Yogyakarta), West Java (Bandung), North Sumatera (Medan), DKI Jakarta-Banten (Jakarta), Kalimantan (Banjarmasin), Central Java (Semarang), dan East Java (Surabaya).

Event ini mempertandingkan beragam nomor lari. Yakni nomor lari jarak pendek, 60 meter (SD), 80 meter (SMP) dan 100 meter (SMA). Kemudian lari estafet, 8x50 meter (SD), 5x80 meter (SMP), dan 4x100 meter (SMA). Juga ada lari jarak menengah, 800 meter (SMP) dan 1.000 meter (SMA). Selain itu juga dipertandingkan dua nomor lapangan, seperti lompat jauh dan tolak peluru untuk pelajar tingkat SMP dan SMA. Bagi pelajar SD juga dilombakan Kids Athletics, yaitu kanga’s escape dan formula one.

Para winner dan runner-up untuk tingkat SMA dari masing-masing wilayah Qualifiers akan diberangkatkan ke Jakarta pada 9-11 Desember mendatang untuk bersaing pada National Championship. Pemenang tingkat nasional nantinya akan diberangkatkan mengikuti pemusatan latihan ke fasilitas sports science ternama di Australia.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1661 seconds (0.1#10.140)