5 Petinju dengan Pukulan Tercepat di Dunia, Nomor 1 Robohkan Anthony Joshua

Jum'at, 11 November 2022 - 15:14 WIB
loading...
5 Petinju dengan Pukulan Tercepat di Dunia, Nomor 1 Robohkan Anthony Joshua
5 Petinju dengan Pukulan Tercepat di Dunia, Nomor 1 Robohkan Anthony Joshua. Foto: IST
A A A
JAKARTA - Daftar petinju dengan pukulan tercepat di dunia ada di artikel ini. Salah satunya adalah Andy Ruiz Jr yang bertubuh gempal dan sering dianggap underdog tapi pernah merobohkan Anthony Joshua.

Dengan menggunakan karung tinju dan teknologi motion capture berkecepatan tinggi, kecepatan pukulan seorang petinju bisa diukur dengan akurat. Dikutip Talk Sports, tiga dari lima petinju dengan pukulan tercepat ada di kelas welter.



Salah satunya adalah Manny Pacquiao yang pernah juara dunia delapan divisi. Mantan petinju kelas welter itu punya kecepatan pukulan 0,12 detik. Secara harfiah, pukulan itu lebih cepat dari kedipan mata.

Namun di urutan pertama, ada Andy Ruiz Jr yang berada di kelas berat. Berapa kecepatan pukulan petinju yang pernah mengalahkan Anthony Joshua itu? Berikut ulasan ringkas lima petinju dengan pukulan tercepat.

5. Jaron Ennis (Kelas Welter)

Jagoan terbaru tinju Amerika Serikat asal Philadelphia, yang dijuluki 'Boots', telah membuat terobosan jauh ke dalam divisi Kelas Welter , rumah bagi petarung terpanas di Amerika.

Dia memenangkan medali emas dan perak saat tampil di Kejuaraan Nasional Tinju Amerika Serikat tahun 2014 dan 2015.

Ketika menghadapi Demian Fernandez, Ennis mencetak rekor pukulan tercepat. Statistik pukulan menunjukkan Ennis mendaratkan 54 dari 192 total tembakan (28%), dan secara menakjubkan 52 dari 121 pukulan masuk (43%), dengan 27 pukulan ke Fernandez dari 129 total (21%).

4. Manny Pacquiao (Kelas Welter)

Legenda tinju Filipina, Manny Pacquiao satu-satunya orang yang berhasil meraih gelar tinju dunia di delapan divisi. Dia juga mencatatkan rekor pukulan tercepat di negaranya.

Betapa Cepatnya Manny Pacquiao di usia kepala empat. Manny Pacquiao pamer kecepatan tangan 3 detik 10 pukulan saat usianya 42 tahun dalam latihan menjelang melawan Errol Spence Jr pada tahun 2021 lalu.

3. Amir Khan (Kelas Welter)

Petinju Inggris, Amir Khan mendemonstrasikan kecepatan pukulannya dengan memadamkan delapan lilin sekaligus.

Petinju kelahiran Bolton ini memang terkenal dengan kecepatan pukulannya. Ia membuktikan hal itu dengan melakukan demonstrasi dengan melakukan rekaman film promosi di Manchester pada 2014.

2. David Benavidez (Kelas Menengah Super)

David Benavidez merebut sabuk WBC interim kelas menengah super setelah sukses menjatuhkan David Lemieux, di River Arena di Glendale, Arizona, AS, Minggu 22 Mei 2022. Saat itu dia memecahkan rekor pukulan tercepatnya.

Benavidez mendaratkan 74-dari-151 pukulan (49 persen), dibandingkan dengan hanya 26-dari-109 (23,9 persen) untuk Lemieux, yang mendaratkan 24-dari-83 pukulan keras (28,9 persen).

1. Andy Ruiz Jr (Kelas Berat)

Petinju Meksiko Andy Ruiz sering dianggap underdog karena penampilannya yang lumayan gendut. Namun, siapa sangka Ruiz Jr memiliki kecepatan yang luar biasa dalam hal melepas pukulan.

Ruiz mendaratkan 107 dari 416 pukulannya (26%) ketika menghadapi Joseph Parker pada 10 Desember 2016. Saat itu Ruiz tercatat sebagai petinju dengan pukulan terepat yang saat ini masih aktif bertarung.

Ruiz Jr juga pernah membuat kejutan dengan mengalahkan pemegang sabuk juara dunia kelas berat, Anthony Joshua dalam laga di Madison Square Gardens di New York, 2019.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1125 seconds (0.1#10.140)