Ribuan Pelari Meriahkan Borobudur Marathon 2022, Hidupkan Wisata Olahraga di Magelang

Sabtu, 12 November 2022 - 05:15 WIB
loading...
Ribuan Pelari Meriahkan Borobudur Marathon 2022, Hidupkan Wisata Olahraga di Magelang
Acara puncak Borobudur Marathon 2022 sudah dimulai. Lomba ini diharapkan juga akan mampu menggerakkan laju pariwisata, dan ekonomi lokal. Foto: Twitter
A A A
MAGELANG - Acara puncak Borobudur Marathon 2022 sudah dimulai. Selain menjadi ajang olahraga yang bergengsi, lomba lari yang dihelat pada 12-13 November 2022 ini diharapkan juga akan mampu menjadi lokomotif penggerak laju pariwisata, ekonomi lokal, serta pertukaran budaya.



Ada tiga kategori dalam kompetisi utama Borobudur Marathon 2022, yaitu Borobudur Marathon Elite Race dan Bank Jateng Young Talent yang dilangsungkan pada 12 November serta Bank Jateng Tilik Candi pada 13 November.

Borobudur Marathon Elite Race dengan jarak lari 42,195 kilometer hanya akan diikuti pelari elite nasional yang lolos seleksi. Tahun ini, sebanyak 37 atlet nasional yang terdiri atas 26 atlet putra dan 11 atlet putri berpartisipasi dalam ajang ini.

Kategori Young Talent yang merupakan kompetisi lari dengan jarak 10 kilometer menjadi wadah bagi talenta muda berusia 15–18 tahun untuk mengukur dan mengasah kemampuan mereka. Sejumlah 30 pelari muda akan berlaga pada ajang ini. Kategori Young Talent ini adalah kategori baru yang menjadi wadah penting untuk kaderisasi atlet lari jarak jauh.

Sementara itu, kategori Tilik Candi dengan jarak 21,097 kilometer diikuti pelari umum dengan sistem ballot. Sebanyak 4.552 pelari ambil bagian dalam ajang ini. “Ini ruang Anda semuanya untuk menunjukkan prestasi dan tentu saja, kita harapkan ini menjadi inspirasi untuk para atlet maupun calon-calon atlet agar bisa menjadi atlet yang baik,” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat menyampaikan pesannya untuk para pelari di Magelang, Jumat (11/11/2022).

Mengambil garis start dan finish di Taman Lumbini, kompetisi lari Borobudur Marathon 2022 menawarkan rute menantang di alam pedesaan sekitar Borobudur, yang akan memuaskan dan menghibur para peserta. Ini juga menjadi cara untuk mengenalkan para pelari lebih dekat dengan Borobudur dan sekitarnya.

Ribuan orang yang datang di Magelang dalam rangka Borobudur Marathon 2022 diyakini akan mampu membangkitkan wisata olahraga (sport tourism) di Magelang serta Jawa Tengah dan sekitarnya. Seperti spirit awal digagasnya Borobudur Marathon.

Tak sekadar untuk mengikuti atau menonton kompetisi lari, orang bisa datang untuk berwisata di Magelang dan menikmati budayanya. ''Di sini teman-teman tak sekadar ikut lari, tetapi juga kami ajak untuk berwisata, belanja produk UMKM, dan menonton pertunjukan seni. Komplet,” kata Ganjar.

Semangat untuk bangkit itu juga selaras dengan tagline “Stronger to Victory” yang diusung Borobudur Marathon tahun ini. Borobudur Marathon didesain agar dapat dinikmati semua kalangan, baik pelari maupun nonpelari, warga lokal maupun pengunjung. Untuk itu, sejumlah agenda penyerta dirancang untuk memeriahkan perhelatan ini, antara lain Pasar Harmoni, Race Expo, dan bazar buku.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2109 seconds (0.1#10.140)