Perkasa di IATC Mandalika 2022, Veda Ega Pratama: Senang Sekali Podium Pertama di Negeri Sendiri

Minggu, 13 November 2022 - 01:04 WIB
loading...
Perkasa di IATC Mandalika 2022, Veda Ega Pratama: Senang Sekali Podium Pertama di Negeri Sendiri
Veda Ega Pratama berhasil meraih podium tertinggi pada race pertama seri keenam ajang Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2022 di Sirkuit Internasional Mandalika, Sabtu (12/11/2022) / Foto: Dok AHM
A A A
LOMBOK - Veda Ega Pratama berhasil meraih podium tertinggi pada race pertama seri keenam ajang Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2022 di Sirkuit Internasional Mandalika, Sabtu (12/11/2022). Pembalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) sukses mengantongi 25 poin.

Pada sesi kualifikasi di pagi hari, Veda menunjukkan kemampuan terbaiknya dengan mengamankan posisi grid pertama dengan catatan waktu tercepat 1 menit 43.413 detik. Sementara tiga pembalap binaan AHM lainnya, yakni Aan Riswanto, Reykat Yusuf Fadillah, dan Muhammad Diandra Trihardika menempati posisi grid kedelapan, ke-12 dan ke-19.

Balapan race pertama digelar sebanyak 15 putaran dalam kondisi cuaca yang cerah. Veda Ega Pratama kembali menunjukkan dominasinya sejak awal balapan. Melakukan start dengan baik, pembalap asal Gunung Kidul, Yogyakarta ini sempat mendapatkan tekanan dari tiga pembalap lainnya pada tujuh lap awal.

BACA JUGA: Hasil IATC 2022: Mantap! Pembalap Indonesia Veda Ega Pratama Rebut Kemenangan

Secara perlahan dan konsisten, Veda berhasil keluar dari tekanan dan menambah waktu gap hingga 7.9 detik dengan pembalap lainnya. Perjuangan ini, membuat Veda berhasil finis di posisi pertama.

"Alhamdullillah, senang sekali podium pertama di negeri sendiri. Hasil Free Practice dan kualifikasi memberikan modal kepercayaan diri sangat besar untuk tampil maksimal," tutur Veda dalam keterangan persnya.

"Selepas start, saya menjaga fokus untuk tidak melakukan kesalahan dan terus menjaga irama balap sehingga dapat finis pertama. Podium ini untuk orang tua saya, Astra Honda dan masyarakat Indonesia. Race kedua saya akan mencoba untuk mengulangi hasil bagus ini," sambung Veda.

BACA JUGA: WSBK Indonesia 2022: Pesta Juara Dunia Tertunda, Alvaro Bautista Keluhkan Ban

“Saya melakukan start dengan baik dan terus bertarung ketat di group kedua. Sempat mendekat untuk bertarung di zona podium. Tetapi kali ini, penampilan empat pebalap terdepan sangat baik dan membuka jarak. Bagaimanapun ini hasil terbaik yang bisa saya lakukan di race pertama dan saya akan tampil lebih baik lagi di race selanjutnya,” ujar Aan.

Sementara itu, tiga pembalap binaan AHM lainnya, Aan Riswanto yang berjuang pada rombongan kedua harus berjibaku menghadapi dua pembalap lainnya dalam perebutan posisi kelima. Di pertengahan race, dia sempat menduduki posisi kelima, namun persaingan yang kian ketat membuat dirinya harus finis di posisi keenam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1930 seconds (0.1#10.140)