12 Petinju Paling Cerdas Sepanjang Masa: Nomor 9 Penemu Shadow Boxing

Kamis, 17 November 2022 - 13:27 WIB
loading...
12 Petinju Paling Cerdas Sepanjang Masa: Nomor 9 Penemu Shadow Boxing
12 Petinju Paling Cerdas Sepanjang Masa: Nomor 9 Penemu Shadow Boxing/The Fight City
A A A
Inilah 12 petinju paling cerdas sepanjang masa yang jarang terekspose ke publik akan dibahas dalam artikel kali ini. Menurut The Fight City, dibutuhkan lebih dari sekadar kekuatan pukulan dan pengondisian yang hebat untuk menjadi petinju juara.

Penguasaan gerak kaki, gerakan tipuan, pertahanan, dan kemampuan untuk beradaptasi dengan taktik lawan semuanya setidaknya sama pentingnya untuk meraih kesuksesan seperti halnya mengetahui cara melepas hook kiri yang baik. Berikut 12 petinju yangh paling cerdas sepanjang masa;



12. Kid McCoy
Norman Selby nama asli Kid McCoy memiliki senjata untuk menembus pertahanan lawannya dengan kejam. Dia dianggap oportunis ulung, penipu inventif yang tidak ragu-ragu menggunakan taktik aneh untuk mendapatkan keuntungan, seperti berpura-pura sakit atau menunjuk seseorang di kerumunan.

11. Tommy Loughran
Pemilik tangan pemimpin paling berbudaya dalam sejarah tinju, Loughran ahli dalam mengendalikan jarak dan merupakan salah satu petarung defensif terbaik. Kecerdasannya sejauh ini merupakan kelebihan terbesarnya dan memungkinkannya untuk bersaing dengan legenda seperti Gene Tunney, Harry Greb, dan Mickey Walker.

10. Bernard Hopkins
Bagi Bernard Hopkins, ahli tekanan psikologis, pertarungan dimulai jauh sebelum bel pembukaan, tetapi begitu berada di atas ring dia membuktikan dirinya sebagai penyihir bertahan dan ahli dalam memaksa lawan untuk bertarung. Seperti Archie Moore, umur panjang Hopkins yang luar biasa adalah hasil langsung dari pendekatan intelektualnya terhadap olahraga.

9. George Dixon
Petinju kulit hitam pertama yang memenangkan gelar juara dunia dan penemu praktik shadow boxing, "Little Chocolate" bisa dibilang master sejati pertama olahraga ini. Dipuji selama kariernya sebagai petinju terbaik sepanjang masa, Dixon adalah ahli tipuan dan inovator sejati baik dalam hal taktik maupun metode pelatihan. Tekniknya sangat memengaruhi orang-orang setelahnya, termasuk Joe Gans dan Jack Johnson.

8. James Corbett
Dalam hal teknik, Corbett adalah salah satu pionir hebat karena dia menekankan gerak kaki, gerakan menyamping, dan penggunaan jab yang efektif. Kemenangannya atas John L. Sullivan pada tahun 1892 menandai kemenangan besar bagi otak atas otot dan titik balik tinju.

7. Holman Williams
Pengaruh besar pada Joe Louis yang hebat, Williams adalah salah satu petinju paling tajam dan terpandai pada masanya dan salah satu yang paling dihindari. Pelatih legendaris Eddie Futch mengklaim Williams adalah petinju murni terbaik yang pernah dia lihat dan bahwa dia lebih suka menonton tinju bayangan Williams daripada kebanyakan petinju lain yang benar-benar bertarung.

6. Jim Driscoll
Semasa hidupnya banyak yang menganggap Jim “Peerless” sebagai petinju terhebat yang pernah hidup, seperti penguasaannya terhadap lingkaran kuadrat. Mengingat dia memegang kemenangan atas sesama tokoh George Dixon dan Abe Attell, penilaian ini tidak dapat diabaikan sebagai hiperbola belaka.

Driscoll melanjutkan untuk menulis empat buku tentang teknik tinju - Buku Teks Tinju, Pertarungan Luar, Kerajinan Ring dan Kiri Lurus - dan mereka tetap menjadi salah satu risalah paling rinci yang pernah ditulis di The Sweet Science. Ide-idenya telah memengaruhi petinju yang tak terhitung jumlahnya dan bahkan seniman bela diri elit seperti Bruce Lee.

5. Bob Fitzsimmons
''Speckled Bob'' dikenal sebagai juara tiga mahkota tinju pertama dan salah satu pemukul terberatnya. Apa yang kurang diketahui adalah bahwa sebagian besar kesuksesan Fitzsimmons berasal dari beberapa teknik cincin yang sangat canggih. Pengaturan waktu, jarak, dan gerak kaki sama pentingnya dengan kekuatan mentahnya dan pengaruhnya terhadap sesama master Joe Gans dan Kid McCoy tidak dapat disangkal.

4. Archie Moore
Tidak ada petinju yang mencetak lebih banyak KO daripada "The Old Mongoose" dan kemungkinan tidak akan ada yang akan melakukannya. Tapi seperti Fitzsimmons, kesuksesan seperti itu berkaitan dengan penguasaan teknik cincin dan strategi seperti halnya agresi atau kekuatan kasar.

Moore ahli dalam seni menggambar lead dan kombinasi pukulannya luar biasa, seperti juga pukulan baliknya. Umur panjangnya di tingkat atas dapat dikaitkan hampir seluruhnya dengan kecerdasan cincin. Seperti yang dikatakan musuh Yvon Durelle: "Saya telah bertarung dengan orang-orang pintar sebelumnya, tetapi tidak pernah ada orang yang secerdas orang itu."



3. Willie Pep
The "Will o 'the Wisp" adalah ahli sudut, gerakan, dan menciptakan jebakan untuk yang tidak waspada. Menyaksikan Willie Pep beraksi berarti menyaksikan disertasi tentang cara mengatur lawan: berpura-pura berputar ke kiri tetapi malah kembali dengan pukulan lurus ke kiri dari posisi kidal. Atau bermain dengan jarak dengan memaksa lawan melakukan over-commit dan kemudian mengajak mereka melakukan tembakan. Nyatanya, banyak taktik yang digunakan Floyd Mayweather Jr. untuk mendominasi zamannya, yang diterapkan Pep bahkan lebih otoritatif 75 tahun lalu.

2. Joe Gans
Gans, orang kulit hitam Amerika pertama yang memenangkan gelar dunia, adalah salah satu master sejati tinju pertama dan bakat unik karena ia sama-sama mahir bertinju dari jarak jauh atau bertarung di dalam. Sebagai pionir ring craft, dia tidak menemukan jab kiri tetapi kemungkinan besar dia menyempurnakan penggunaannya baik sebagai pukulan defensif maupun sebagai pengalih perhatian untuk menyamarkan serangan.

Sejarawan memuji dia dengan menciptakan pukulan dan mempopulerkan teknik dasar pemblokiran, gerak kaki dan pukulan balik dan keterampilannya yang luar biasa membuatnya mendapat julukan "Tuan Tua." Pengaruhnya sangat besar dan diakui oleh banyak juara kemudian, termasuk Benny Leonard yang hebat.

1. Benny Leonard
Seorang petinju yang sangat canggih, Leonard mungkin menguasai divisi ringan terbesar sepanjang masa dan itu adalah cincin kecerdasan lebih dari apa pun yang menyumbang keberhasilan "The Ghetto Wizard." Begitulah penguasaan Leonard, dia jarang kalah dalam kompetisi.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0987 seconds (0.1#10.140)