Ketum KONI DKI Jakarta: Jakarta & Banten Qualifiers Berpotensi Temukan Atlet Muda

Jum'at, 18 November 2022 - 22:30 WIB
loading...
Ketum KONI DKI Jakarta: Jakarta & Banten Qualifiers Berpotensi Temukan Atlet Muda
Aksi Valenxia Tanza Gracia dari North Jakarta Intercultural School saat melakukan lompatan terjauh di Energen Champion SAC Indonesia 2022 - Jakarta & Banten Qualifiers di Stadion Atletik Rawamangun, Jumat kemarin (18/11/2022) / Foto: Istimewa
A A A
Kompetisi atletik pelajar terbesar Tanah Air akhirnya hadir menyapa para siswa dan siswi dari sekolah-sekolah di wilayah DKI Jakarta dan Banten. Sebanyak 3.000 peserta dari 200 sekolah tingkat SD,SMP, hingga SMA ikut meriahkan Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia–Jakarta & Banten Qualifiers.

Pada hari pertama sekaligus pembukaan kualifikasi wilayah Ibu Kota dan Banten, langsung mempertandingkan 10 nomor lomba yang digelar di Stadion Atletik Rawamangun, Jumat (18/11/2022) pagi. Beberapa nomor lintasan atau lari masih menggelar babak penyisihan untuk menentukan para finalis yang akan tampil pada babak final perebutan podium juara, Minggu (20/11).

Sementara untuk nomor lapangan, seperti lompat jauh dan tolak peluru langsung digelar hingga babak final dan menentukan pemenangnya. Vallenxia Tanza Gracia siswi North Jakarta Intercultural School naik podium juara lompat jauh putri tingkat pelajar SMA, usai mencatat lompatan sejauh 4,35 meter.

Sebagai juara dari jenjang SMA, Vallenxia Tanza Gracia berhak melaju ke babak National Championship pada 9-11 Desember mendatang. Nantinya, dia akan bertemu para juara lompat jauh putri dari regional qualifiers lain.

Vallenxia Tanza Gracia tak sendirian. Ada Diva Rahmawati Sangaji (SMAN 10 Jakarta ) yang berhasil menjadi runner-up dengan lompatan sejauh 4,21 meter. Sedangkan di posisi ketiga ada Rahila Savira Nadin dari SMAN 2 Pandeglang dengan jarak lompatan 4,12 meter

Fadhil Muhammad Rizky dari SMAN 13 Jakarta menjadi champion pada persaingan putra tingkat SMA. Dia mencatat jarak lompatan terbaik, yakni 6,01 meter. Fadhil akan melenggang ke National Championship didampingi delegasi SMAN 1 Jakarta, Abdillah yang naik podium sebagai runner-up dengan jarak 5,97 meter.

Sementara itu, Nawra Janitra Waraputri tampil istimewa di nomor tolak peluru tingkat SMP persaingan putri. Siswi SMPN 115 Jakarta itu berhasil menjadi yang terbaik setelah berhasil mencatatkan lemparan terjauh 6,91 meter. Dia mengungguli Novella Norrel Toharding. Delegasi SMPK Tunas Bangsa ini menjadi runner-up dengan tolakan sejauh 6,60 meter. Tempat ketiga dihuni Belizia Putria Parizka dari SMPN 27 Jakarta dengan 6,59 meter.

Wakil Ketua Umum KONI DKI Jakarta, I Gede Sarjana menyanjung gelaran yang diadakan Energen Champion bekerja sama dengan Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) dan DBL Indonesia. Ia melihat potensi besar dari para peserta.

"Dengan cara-cara seperti ini kita bisa mendapatkan atlet-atlet muda. Saya tadi melihat dari tiga sampai empat rombongan sudah bagus sekali. Nah anak-anak itu tinggal dipoles saja. Dari kompetisi seperti ini harapannya mereka bisa berprestasi dan berkaliber internasional," katanya.

Opening ceremony Energen Champion SAC Indonesia - Jakarta-Banten Qualifiers juga dihadiri oleh Direktur PT DBL Indonesia Masany Audri, Suku Dinas Pemuda dan Olahraga Jakarta Timur Suyoto, Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta Dr. Johansyah Lubis, M.Pd, Project Leader PT Mayora Indah Faisal Angga, Brand Manager Enervon-C Pradipa Osadawedya, serta Brand Manager Strive Aldo Ronald.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1808 seconds (10.101#12.26)