Hasil GP Abu Dhabi 2022: Max Verstappen Juara, Lewis Hamilton Gagal Finis

Minggu, 20 November 2022 - 22:01 WIB
loading...
Hasil GP Abu Dhabi 2022: Max Verstappen Juara, Lewis Hamilton Gagal Finis
Hasil GP Abu Dhabi 2022: Max Verstappen Juara, Lewis Hamilton Gagal Finis. Foto: REUTERS/Leonhard Foeger
A A A
ABU DHABI - Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen juara pada balapan F1 GP Abu Dhabi 2022. Rider asal Belanda itu keluar sebagai yang tercepat dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Yas Marina, Minggu (20/11/2022) malam WIB.

Pada balapan 58 putaran seri terakhir F1 GP 2022 itu, Verstappen sukses mengasapi Charles Leclerc (Scuderia Ferrari) dan Sergio Perez (Red Bull) masing-masing di podium kedua dan ketiga. Sementara itu, Lewis Hamilton (Mercedes) gagal finis.

Dengan kemenangan tersebut, Verstappen tak semakin nyaman jadi juara dunia dengan rekor yang fantastis. Pembalap berusia 25 tahun itu menyempurnakan gelar juara dunianya di F1 GP 2022.



Sejak awal balapan, Verstappen mengawalinya dengan baik di posisi pertama. Rider asal Belanda itu memimpin ke Tikungan 1 dari Sergio Perez (Red Bull), Charles Leclerc (Scuderia Ferrari) dan Lewis Hamilton (Mercedes).

Memasuki putaran ke-5, Hamilton yang sempat disalip kali ini mampu melewati Charlos Sainz (Scuderia Ferrari) pada DRS kedua berturut-turut. Sementara itu, George Russell (Mercedes) melakukan hal yang sama dengan Lando Norris (McLaren). Mobil Mercedes sedang bergerak.

Kemudian di putaran ke-8, Sainz melewati Hamilton dengan menggunakan DRS. Meski begitu, Hamilton terus berjuang saat dia kalah dari rekan setimnya untuk urutan keenam. Lalu di putaran 12, duel hebat di lini tengah sedang berlangsung dengan Esteban Ocon (Alpine) dan Sebastian Vettel (Aston Martin) bertarung di jalur kedelapan. Vettel lebih cepat tetapi dia tidak bisa melewatinya.

Hingga urutan pada putaran 20, Verstappen masih nyaman memimpin balapan. Ia mengasapi Leclerc, Perez, Vettel, Sainz, Russell, Hamilton, Norris, Ocon, Magnussen, Bottas, Stroll, Tsunods, Alonso, Albon, Zhou, Schumacher Ricciardo, Gasly dan Latifi.

Kemudian memasuki putaran ke-35, Verstappen masih tak tergoyahkan di posisi pertama. Ia dibuntuti oleh Leclerc, Sainz, Russell, dan Hamilton. Lalu di putaran ke-38, Perez melaju sekitar satu detik per putaran lebih cepat dari Leclerc dan Sainz saat ini dalam pertarungan memperebutkan posisi kedua di kejuaraan.

Adapun hingga putaran ke-42 Verstappen masih memimpin balapan yang diikuti oleh Leclerc, Hamilton, Perez, dan Sainz. Perez berada di jalur untuk mengejar Leclerc di posisi kedua. Di mana, Perez menyalip Hamilton ke chicane sektor tengah tetapi Hamilton kembali menyalipnya.

Hingga putaran ke-46, Perez akhirnya berhasil melewati Hamilton. Dia memiliki waktu 9,9 detik untuk mengimbangi Leclerc. Di mana, 5,4 detik adalah jarak antara Leclerc dan Perez untuk posisi kedua. Namun, Perez kini tertinggal 4,6 detik dari Leclerc.

Sialnya, terdapat masalah bagi Hamilton. Dengan tiga lap tersisa, Hamilton terlihat akan tersingkir dari balapan. Sementara itu di putaran terakhir,
Perez tertinggal 1,8 detik dari Leclerc dalam perebutan posisi kedua.

Benar saja, Hamilton keluar dari lintasan. Ini adalah DNF mekanis pertamanya sejak Austria 2018. Adapun, Verstappen melaju tanpa tergoyahkan. Sang juara pun sukses mengambil kemenangan di depan Leclerc, Perez, Sainz, dan Russell.

Hasil Balapan:

1 Max Verstappen NEDRed Bull RacingOracle 58 Putaran
2 Charles Leclerc SEN Scuderia Ferrari + 8.771s
3 Sergio Perez MEX Oracle Bull Racing + 10,093 dtk
4 Carlos Sainz ESP Scuderia Ferrari + 24,892 dtk
5 George Russell GBR Mercedes AMG Petronas + 35.888 dtk
6 Lando Norris GBR Tim McLaren F1 + 56.234 dtk
7 Esteban Ocon FRA Tim BWT Alpine F1 + 57.240 dtk
8 Jalan-Jalan LanceCAN Aston Martin Aramco Tim Formula Satu + 76.931 dtk
9 Daniel Ricciardo AUS Tim McLaren F1 + 83.268 dtk
10 Sebastián Vettel GER Aston Martin Aramco Tim Formula Satu + 83.898 dtk
11 Yuki Tsunoda JPN Scuderia AlphaTauri + 89.371 dtk
12 Zhou Guan Yu CHN Alfa Romeo Tim F1 Orlen + 1 Putaran
13 Alex Albon THA Williams + 1 Putaran
14 Pierre Gasly FRA Scuderia AlphaTauri + 1 Putaran
15 Valteri BottasFIN Alfa Romeo Tim F1 Orlen + 1 Putaran
16 Mick Schumacher GER Tim Haas F1 + 1 Putaran
17 Kevin MagnussenDEN Tim Haas F1 + 1 Putaran
Lewis Hamilton GBR Tim Formula Satu Mercedes AMG Petronas
Nicholas LatifiCANWilliams
Fernando Alonso ESP Tim BWT Alpine F1
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1728 seconds (0.1#10.140)