Edisi 2022 Jadi Piala Dunia Pertama yang Dibuka dengan Gol Penalti

Senin, 21 November 2022 - 07:30 WIB
loading...
Edisi 2022 Jadi Piala Dunia Pertama yang Dibuka dengan Gol Penalti
Piala Dunia 2022 telah resmi dibuka Minggu (20/11/2022) dengan mempertemukan Qatar selaku tuan rumah melawan Ekuador. Terjadi hal unik pada laga pembuka itu. Foto: REUTERS/Dylan Martinez
A A A
AL KHOR - Piala Dunia 2022 telah resmi dibuka Minggu (20/11/2022) dengan mempertemukan Qatar selaku tuan rumah melawan Ekuador. Ada hal unik yang terjadi pada laga pembuka itu.



Satu fakta menarik terjadi pada duel Qatar vs Ekuador di Grup A. Untuk kali pertama dalam sejarah, gol pembuka turnamen sepak bola empat tahunan itu dicetak melalui penalti.

La Tri –julukan Ekuador-sukses membungkam Qatar 2-0 di di Al Bayt Stadium, Al Khor. Dua gol Enner Valencia (16 dan 31) menjadi kunci kemenangan wakil Amerika Selatan itu.

Gol pertama Valencia itu lahir lewat penalti. Wasit menunjuk titik putih setelah striker Fenerbahce itu dijatuhkan di kotak terlarang oleh kiper Qatar, Saad A Sheeb.

Lalu, dengan tenang veteran berusia 33 tahun itu mengecoh Saad A Sheeb dengan tendangan mendatarnya yang mengarah ke pojok bawah kanan gawang. Alhasil, Ekuador unggul 1-0.

Menurut Twitter @OptaJoe, Senin (21/11/2022) itu adalah kali pertama sejarah sejarah Piala Dunia gol pertama berasal dari penalti.

Sebelumnya, hal serupa tidak pernah terjadi dalam laga perdana turnamen sepak bola terakbar sejagad itu sejak pertama digelar pada 1930.

Valencia sebenarnya sudah berhasil membobol gawang Qatar saat laga baru berjalan tiga menit lewat tandukannya. Akan tetapi, gol itu dianulir wasit karena salah satu pemain Ekuador berada dalam posisi offside.

Momen itulah yang turut membantu terciptanya sejarah baru di Piala Dunia. Jika gol itu disahkan, tentu gol penalti mantan pemain West Ham United tersebut tak bakal mencatatkan torehan itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4084 seconds (0.1#10.140)