Fans Jepang Bersihkan Sampah di Tribun, Pengunggah Video: Saya Tak Mengira Ini Nyata

Rabu, 23 November 2022 - 00:23 WIB
loading...
Fans Jepang Bersihkan Sampah di Tribun, Pengunggah Video: Saya Tak Mengira Ini Nyata
Fans Timnas Jepang melakukan aksi bersih-bersih sampah di tribun Stadion Al Bayt, Minggu (20/11/2022). Aksi tersebut dilakukan seusai menyaksikan laga Qatar versus Ekuador / Foto: Kolase
A A A
AL KHOR - Fans Timnas Jepang lagi-lagi memberikan contoh baik yang patut ditiru oleh para suporter sepak bola di seluruh dunia. Mereka melakukan aksi bersih-bersih sampah di tribun Stadion Al Bayt, Minggu (20/11/2022).

Aksi itu dilakukan selepas menonton pertandingan pembuka Piala Dunia 2022 yang pertemukan Qatar versus Ekuador, yang menangkan La Tricolor dengan skor 2-0. Hal itu diketahui dari video yang viral di media sosial, yang salah satunya diunggah oleh akun Tiktok, @omr94.

Dalam rekaman gambar itu terlihat, para supporter asal Jepang, yang masih lengkap dengan atribut mereka, dengan sigap membersihkan sampah-sampah yang ditinggalkan penonton lainnya di Al Bayt Stadium. Mereka membantu penduduk lokal dengan mengumpulkan sampah sambil membawa kantong-kantong plastik atau wadah lainnya di saat para supporter yang lain sudah pergi meninggalkan stadion.

Aksi mereka itu mendapat pujian dari pengunggah video yang juga muncul di rekaman itu. Dia benar-benar tak percaya melihat aksi bersih-bersih itu dengan mata kepalanya sendiri.

"Seseorang meyakinkan saya bahwa ini normal.Fans Jepang memutuskan untuk membersihkan stadion.Ini bahkan bukan pertandingan mereka!" kata pria yang diketahui bernama Omar Farooq itu.

"Ketika saya bertanya kepada mereka, 'Mengapa Anda membersihkan sesuatu yang tidak berhubungan dengan Anda?'Jawabannya adalah, 'Orang Jepang tidak pernah meninggalkan sampah di belakang kami.Kami menghormati tempat itu’," tambahnya.

BACA JUGA: Jejak Arab Saudi: Senyum Mancini, Tim Ke-4 Kalahkan Argentina di Piala Dunia, hingga Hapus Kutukan

"Ini adalah suatu hal yang sering saya dengar, tetapi saya tidak pernah mengira ini nyata.Wow.Saya sangat hormat!" tuturnya.

Kembali ke 2018, para fans Jepang juga melakukan aksi yang sama di Piala Dunia. Mereka viral setelah tertangkap kamera sedang membersihkan Rostov Arena meski kala itu Timnas Jepang kalah dramatis di menit-menit akhir oleh Belgia di babak 16 besar.

Setahun kemudian, mereka menunjukkan aksi berkelas itu lagi di Roazhon Park dalam gelaran Piala Dunia Wanita 2021. Mereka membersihkan semua sampah yang tersisa hingga stadion itu menjadi kinclong lagi.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2718 seconds (0.1#10.140)